Kebotakan di Usia Muda

Ilustrasi. (Foto : aquamarineguzellik.com)

Ilustrasi. (Foto : aquamarineguzellik.com)

Syahida.com – Assalamu’alaikum, Dokter, saya seorang ibu muda, rambut saya sudah lama rontok dan menipis di bagian crown sehingga terlihat seperti botak. Namun anehnya, dulu saat saya hamil, rambut saya sempat tidak rontok, tapi setelah melahirkan rambut saya rontok lagi.

Saya sudah melakukan perawatan creambath rutin dan mencoba pengobatan alami dengan seledri dan makan kacang kenari yang banyak mengandung biotin – katanya dapat merangsang pertumbuhan rambut. Namun, belum juga ada perbaikan.

Saat ini saya masih menyusui anak saya yang berusia 7 bulan, jadi saya tidak berani pakai produk yang tidak alami. Apa yang menyebabkan kebotakan di usia muda, Dok? Bagaimana solusinya? Terima kasih.

Wassalamu’alaikum

Linda (25), Depok.

Wa’alaikumussalam

Linda yang baik, berdasarkan ciri-ciri yang Anda sebutkan, kemungkinan besar Anda mengalami female androgenetic alopecia, yaitu kebotakan yang disebabkan hormon androgen (hormon laki-laki) dan faktor genetik (keturunan). Setiap perempuan memiliki sedikit hormon androgen di dalam tubuhnya. Namun pada perempuan tertentu, jumlahnya relatif lebih tinggi dibandingkan perempuan pada umumnya.

Penyebab



Kebotakan disebabkan karena faktor keturunan, misalnya ayah atau ibunya botak di kepala. Kebotakan ini memiliki pola tertentu dan di tempat tertentu, misalnya di daerah crown atau garis belahan rambut tengah. Kenapa bisa begitu? Karena orang-orang tertentu yang punya keturunan kebotakan, pada daerah tersebut terdapat reseptor androgen, yaitu tempat “parkirnya” hormon androgen.

Produksi hormon androgen yang naik dan berlebihan akan menempati tempat parkir androgen. Hal tersebut menyebabkan akar rambut yang kecil menyebabkan helai rambut mudah rontok. Sebenarnya rambutnya masih ada, tapi sangat halus, tipis dan tumbuhnya jarang, sehingga kelihatan botak.

Bila saat hamil rambut Anda tidak rontok, hal ini karena hormon perempuan mengalami peningkatan sehingga menekan pengaruh hormon laki-laki. Setelah melahirkan, rambut kembali lagi rontok –seperti yang Anda alami, karena hormon androgennya kembali meningkat. Penggunaan seledri dan konsumsi kenari memang baik, tapi tidak banyak membantu karena kebotakan ini dipengaruhi oleh hormon dan faktor genetik.

Pengobatan

Untuk pengobatan, pada laki-laki ada obat yang untuk diminum untuk mengendalikan hormon androgen tersebut. Tapi, perempuan tidak boleh meminum itu. Untuk perempuan obatnya berupa lotion yang dioles di area kebotakan. Lotion tersebut berfungsi untuk menduduki reseptor androgen agar androgen yang masuk itu tidak bisa menetap.

Saran saya, segera kunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan lotion yang dimaksud. Sebab, konsentrasi lotion yang diberikan pada tiap orang akan berbeda dan harus sesuai kebutuhan. Penggunaanya dua kali sehari. Ibu menyusui tidak mengapa menggunakan lotion ini, tapi untuk ibu hamil sangat tidak dianjurkan karena tergolong obat yang keras.

Dr.Dewi Inong Irana, SpKK

Parktik di RSIA Restu Kasih-Kramat Jati dan RIS Permata Cibubur.

[Syahida.com]

Sumber: Ummi No.7/ XXVI/ Juli 2014/ 1435 H

Share this post

PinIt
scroll to top