Pahala Mengingat Allah

Allah22Syahida.com – Dari sahabat Abu Dardak ra, ia berkata, saya mendengar Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Allah berfirman, ‘Aku bersama hamba-Ku; jika ia ingat Aku (menyebut-Ku). Dan kedua bibirnya bergerak karena Aku.”

Derajat Hadits: Shahih

Rawi Hadits:

Al-Hakim Dalam Al-Mustadrak (1/496), ia berkata, ‘Telah menceritakan kepadaku Abu Abbas Muhammad bin Ya’qub, telah menceritakan kepadaku Ajr bin Nazr, telah menceritakan kepadaku Basyir bin Bakar, telah menceritakan kepada Al-Auza’i, dari Ismail bin Ubaidillah, dari Abu Dardak ia berkata, Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, “…”, Lalu ia menyebutkannya. Dan Al-Hakim berkata, “Ini Hadits yang sanadnya shahih, tetapi Bukhari dan Muslim tidak meriwayatkannya.” Adz-Dzahabi menyepakatinya, yaitu seperti yang dikatakan…

Penjelasan:

Kesimpulan dari hadits ini ialah bahwa ingat (menyebut) Allah itu suatu amalan dari beberapa amalan yang dapat mendekatkan hamba kepada Tuhannya selama hal itu terus dilakukan. Begitulah, seorang hamba wajib mengingat Allah terus-menerus. Dan dalam tabiatnya, bila seseorang mengigat Allah, maka syaitan  akan menjauh dari dia. Dan di Hadits Abu Dardak yang marfu’, “Ketahuilah, maukah kalian Aku tunjukkan amal kalian yang paling baik, yang paling bersih bagi Tuhan kalian, paling tinggi  dalam derajat kalian dan paling baik bagi kalian dari pada menghadapi musuh, lalu kalian memukul tengkuk mereka atau mereka memukul tengkuk kalian?” Para sahabt menjawab, “Betul, mau.” Beliau bersabda, “Mengingat Allah.” (Diriwatkan oleh At-Tirmidzi).

=====

Sumber : Hadits Qudsi Shahih dan Penjelasannya, Al Imam Abi Al Hasan Nuruddin, Ali bin Sulthan Muhammad Al-Qoriy



Share this post

PinIt
scroll to top