Menggampangkan Janji (Bagian ke-1)

Advertisement

Ilustrasi. (inet)

Syahida.com – Fenomena tidak menepati janji yang sudah diucapkan, atau menunda dalam menepatinya adalah hal yang menyedihkan sehingga lahirlah tulisan ini.

Landasan Hukum Komitmen Terhadap Janji

Pertama : Dari Al Qur’an

Seorang Muslim, sehari semalam selalu mengulang-ulang ibadah shalat sebanyak lima kali. Apabila ia dapat menunaikannya tepat pada waktunya sebagaimana  ditentukan, maka akan tertanamlah dalam dirinya kebiasaan menjaga waktu dan perhatian terhadapnya, selalu memperhatikan dalam setiap aktivitasnya pada waktu yang sesuai. Dalam waktu yang tidak lama perilakunya akan sesuai dengan kebiasaan tepat waktu dan tepat janji, lebih dari itu dia akan mampu melakukan aktivitas dengan profesional dan sempurna, akhirnya menjadi akhlak dan kebiasaan yang terpatri dalam kehidupannya.

Di samping shalat, Allah Subhanahu wa Ta’ala juga telah menentukan dengan rinci waktu-waktu ibadah yang lain, seperti waktu untuk ibadah haji, zakat, puasa, zakat fitrah, korban, bepergian, tayammum, mengusap sepatu, susuan, perceraian, bertamu, aqiqah, dan lain-lain. Semua itu tidak lain adalah karena ada makna penting dibalik itu yang membawa manfaat dan maslahat.

Saat ini banyak kaum Muslimin sendiri yang lupa akan ajaran yang mulia dari ajaran syari’ah ini, kemudian mereka mengambil dan belajar tentang pentingnya waktu dan mengatur pekerjaan dengan rapi dari orang lain! Seakan-akan mereka tidak pernah belajar Islam, tidak pernah mendapat beban kewajiban dari Allah Subhanahu wa Ta’ala berupa hukum-hukum syariat seperti shalat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala memuji seorang nabi yang mulia karena itu jujur dan tepat janji serta komitmen dengannya. Allah Azza wa Jalla berfirman : “Dan ceritakanlah (kisah tentang) Ismail (yang terdapat) dalam Al Qur’an, sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya dan ia adalah rasul dan nabi.” (QS. Maryam : 54).

Imam Al Qurthubi Rahimahullah dalam mengomentari ayat ini berkata, “Shidqul wa’di” (benar janji) adalah akhlaq para nabi dan rasul; sedang kebalikannya-yaitu mengingkari janji-adalah akhlaq yang tercela dan termasuk akhlaqnya orang-orang fasiq dan munafiq. Allah SWT telah memuji Nabi-Nya Ismail Alaihis-Salam dan menyebutnya sebagai orang yang benar janjinya, karena Ismail berjanji pada dirinya untuk sabar menjalankan perintah Allah ketika akan disembelih. Ia sabar mentaati perintah itu yang akhirnya tidak jadi disembelih dan digantikan dengan binatang.”



Dikatakan dalam sebuah riwayat, bahwa Ismail pernah berjanji dengan seseorang bertemu di suatu tempat, maka datanglah Ismail di tempat itu dan menunggu selama sehari semalam. Pada hari berikutnya datanglah orang yang ditunggu, kemudian Ismail mengatakan, “Saya sejak kemarin menunggumu di tempat ini.” Dikatakan dalam riwayat lain, Ismail menunggu selama tiga hari.

Dikatakan, bahwa Ismail tidak berjanji kecuali pasti menepati janjinya, dan ini adalah perkataan yang benar sesuai dengan dhahir ayat di atas, Wallahu’alam.

_Bersambung....

(Sumber : Kitab “Menggampangkan Janji” Dr. Muhammad As-Syarif)

Advertisement
admin

Disqus Comments Loading...
Share
Kontributor:
admin

Recent Posts

Perhatian Rasulullah SAW Terhadap Tanda-Tanda Hari Kiamat (Bagian ke-1)

Tanda-tanda hari Kiamat termasuk salah satu topik yang mendapat perhatian besar dari Rasulullah SAW dalam…

4 tahun yang lalu

Perhatian Al-Quran Terhadap Tanda-Tanda Hari Kiamat

Adapun tanda-tanda peristiwa yang membicarakan dekatnya hari Kiamat, maka ayat-ayat tersebut terkesan membicarakan secara sekilas.…

4 tahun yang lalu

Sikap yang Baik dalam Menghadapi Pandemi COVID-19

“Ilusi adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh obat, dan kesabaran adalah langkah pertama untuk penyembuhan”.…

4 tahun yang lalu

Pandemik, COVID-19, Babi, dan Akhir Zaman

Mengapa Nabi Isa - sebagai bagian dari umat Nabi Muhammad - malah justru membunuh babi…

4 tahun yang lalu

Antara Samiri dan COVID-19

Sejak mewabahnya COVID-19, kini hampir sebagian besar penduduk bumi dilarang untuk saling bersentuhan, harus menjaga…

4 tahun yang lalu

Antara Doa Nabi Ibrahim AS, Doa Nabi Muhammad SAW, Wabah COVID-19, dan Dajjal

Sejak awal tahun 2020 ini, seluruh dunia dilanda wabah penyakit COVID-19 yang disebabkan virus SARS-CoV-2…

4 tahun yang lalu
Advertisement

This website uses cookies.