Kisah Nabi Adam (Bagian Ke-5) : Iblis Bukan Golongan Malaikat

Ilustrasi. (Foto : ruanasagita.blogspot.com)

Ilustrasi. (Foto : ruanasagita.blogspot.com)

Syahida.com –  Hasan al-Bashri menuturkan, “Iblis sama sekali bukan golongan malaikat.” Syahr bin Hausyab menuturkan, “Pada mulanya Iblis berasal dari golongan jin. Namun kala mereka berbuat onar di bumi, Allah mengutus sepasukan malaikat, membunuh dan mengusir mereka ke semenanjung-semenanjung lautan. Iblis termasuk di antara jin yang ditawan, kemudian dibawa naik ke langit, kemudian ia singgah disana. Saat para malaikat diperintahkan bersujud, Iblis enggan menurut perintah itu.

Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, sejumlah sahabat lain, Sa’id bin Musayyib dan lainnya menyatakan, “Iblis pada mulanya adalah pemimpin para malaikat di langit paling bawah.”

Ibnu Abbas menambahkan, “Namanya Azazil.” Riwayat lain dari Ibnu Abbas menyebutkan, “Namanya Azazil.” Riwayat lain dari Ibnu Abbas menyebutkan, “Namanya Harits.” An-Nuqasy menyatakan, “Kuniah-nya Abu Kardus.”

Ibnu Abbas menyatakan: “Iblis berasal dari salah satu golongan malaikat bernama Jin, mereka bertugas menjaga surga. Ia termasuk yang paling mulia, paling banyak ilmu dan ibadah di antara mereka dan memiliki empat sayap. Namun kemudian Allah mengubah wujudnya menjadi setan yang terkutuk.” [Syahida.com]

– Bersambung…

Sumber : Kitab Ibnu Katsir, Kisah Para Nabi, Kisah 31 Nabi dari Adam Hingga Isa, Versi Tahqiq

Share this post

PinIt
scroll to top