Kisah Nabi Adam (Bagian Ke-28) : Adam Seorang Utusan Allah

Ilustrasi (Foto : hdw.eweb4.com)

Ilustrasi (Foto : hdw.eweb4.com)

Syahida.com – Dalam kitab Shahih-nya, Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abu Dzar, ia mengatakan, “Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah, berapa jumlah para nabi?’ ‘124.000 nabi,’ jawab beliau. ‘Wahai Rasulullah, berapa jumlah rasul di antara mereka,’ tanyaku kembali. ‘Sebanyak 313 rasul,’ jawab beliau. ‘Wahai Rasulullah siapa nabi yang pertama?’ tanyaku berikutnya. ‘Adam’ jawab beliau. ‘Wahai Rasulullah, apakah Adam seorang nabi yang diutus?’ tanyaku menyusul. ‘Ya. Allah menciptakannya dengan tangan-Nya, meniupkan ruh (ciptaan)-Nya kepadanya, kemudian menyempurnakan (sehingga bisa) berdiri berhadapan’ jawab beliau.”

Thabrani mengatakan, “Ibrahim bin Nailah Al-Ashbahani bercerita kepada kami, Syaiban bin Farukh bercerita kepada kami, Nafi’ bin Hurmuz bercerita kepada kami, dari Atha bin Abu Rabbah, dari Ibnu Abbas ia mengatakan, ‘Rasulullah SAW bersabda, ‘Maukah kalian aku beritahukan, malaikat terbaik adalah Jibril, nabi terbaik adalah Adam, hari terbaik adalah hari Jum’at, bulan terbaik adalah bulan Ramadhan, malam terbaik adalah lailatul qadar, dan wanita terbaik adalah Maryam binti Imran’.”

Sanad hadits ini dhaif, karena Nafi’ Abu Hurmuz dinyatakan pendusta oleh Ibnu Ma’in, dinyatakan dhaif oleh Ahmad, Abu Zur’ah, Abu Hatim, Ibnu Hibban dan lainnya. Wallahu a’lam.

Ka’ab Al-Ahbar mengatakan, “Tak seorang pun di surga memiliki jenggot selain Adam. Jenggotnya Hitam, panjangnya sampai pusar. Dan tak seorang pun di surga dipanggil dengan kuniah selain Adam; di dunia ia dipanggil kuniah Abu Basyar (ayah manusia) dan di surga dipanggil Abu Muhammad.”

Diriwayatkan dari Ibnu Adi melalui jalur Syaikh bin Abu Khalid, dari Hammad bin Salamah, dari Amr bin Dinar, dan Jabir secara marfu’, “Para penghuni surga dipanggil dengan nama-nama mereka, kecuali Adam, ia dipanggil dengan kuniah Abu Muhammad.”

Juga diriwayatkan Abu Adi dari hadist Ali bin Abi Thalib. Hadist ini dhaif dari semua sisi. Wallahu a’lam. [Syahida.com]

– Bersambung…

Sumber : Kitab Ibnu Katsir, Kisah Para Nabi, Kisah 31 Nabi dari Adam Hingga Isa, Versi Tahqiq



Share this post

PinIt
scroll to top