Bolehkah Gambar dan Boneka untuk Permainan Anak-Anak?

Foto : boneka-anak.blogspot.com

Foto : boneka-anak.blogspot.com

Syahida.com – Ada pengecualian untuk mainan anak-anak seperti boneka dan lainnya. Permainan tersebut dibolehkan untuk dibuat dan diperjualbelikan berdasarkan hadits-hadits berikut.

  1. Riwayat dari Aisyah, ia berkata,

“Aku bermain-main dengan mainan berupa boneka. Terkadang Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam menghampiriku dan di sampingku anak-anak perempuan. Apabila Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam datang, mereka keluar dan bila beliau pergi, mereka datang lagi.” (HR. Bukhari dan Abu Dawud).

Riwayat dari Aisyah bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam menghampirinya sepulang dari perang Tabuk atau Khaibar, sedangkan di rak Aisyah terdapat tirai. Lalu bertiuplah angin yang menyingkap tirai itu sehingga terlihatlah mainan boneka Aisyah. Lalu beliau berkata, ‘Apa ini wahai Aisyah?’ Aisyah menjawab, ‘Ini adalah anak-anakku.’ Beliau melihat di antara anak-anak itu sebuah kuda-kudaan kayu yang mempunyai dua sayap, maka beliau berkata, ‘Apakah ini yang aku lihat ada di tengah-tengahnya?’ Aisyah menjawab, ‘Kuda-kudaan.’ Beliau bertanya, ‘Apa yang ada pada kuda-kudaan ini?’ Aisyah menjawab, ‘Dua sayap.’ Beliau berkata, ‘Kuda mempunyai dua sayap?’ Aisyah berkata, ‘Tidakkah engkau mendengar bahwa Sulaiman mempunyai kuda yang bersayap banyak?’ Maka tertawalah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam sampai kelihatan gigi-gigi taring beliau.” (HR. Abu Dawud dan Nasa’i). [Syahida.com]

 

 Sumber : Kitab Fiqih Sunnah, Sayyid Sabiq, Penerbit Pena 

Share this post

PinIt
scroll to top