Allah, Malaikat-Nya, Penghuni Langit, Penghuni Bumi, Hingga Semut di Liangnya, dan Ikan Paus di Lautnya, Mendoakan Orang yang Melakukan Ini

Ilustrasi. (Foto: kaahil.wordpress.com)

Ilustrasi. (Foto: kaahil.wordpress.com)

Syahida.com – Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Kelebihan orang berilmu atas ahli ibadah adalah seperti kelebihanku atas kalian.”

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda lagi, “Sesungguhnya Allah, para Malaikat-Nya, penghuni langit, penghuni bumi, hingga semut di liangnya dan hingga ikan paus di lautnya pasti mendoakan orang-orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.” (Diriwayatkan At-Tirmidzi).

At-Tirmidzi berkata, “Hadits di atas hadits hasan gharib. Aku mendengat Abu Ammar Al-Husain bin Huraits Al-Khuzai berkata, bahwa aku mendengar Al-Fudhail bin Iyadh berkata, ‘Orang berilmu yang mengamalkan ilmunya dan mengajarkannya dipanggil sebagai orang besar di kerajaan langit’.”

Ini diriwayatkan dari generasi sahabat. Ibnu Abbas berkata,

“Ulama ummat ini adalah dua orang; orang yang diberi Allah ilmu kemudian ia memberikannya kepada manusia tanpa imbalan uang dan tidak membeli barang dengannya. Orang-orang itulah yang didoakan burung-burung di langit, ikan-ikan di laut, hewan melata di bumi, dan para Malaikat yang menulis catatan amal manusia. Dan orang yang diberi ilmu Allah kemudian ia tidak memberikannya kepada hamba-hamba Allah, mengambil imbalan dengannya, dan membeli barang dengannya. Pada hari kiamat, orang tersebut datang keadaan ditali dengan tali neraka.”

Hadits di atas disebutkan Ibnu Abdul Barr secara marfu’ dan status marfu’nya dipermasalahkan para ulama.

Sabda Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam, “Sesungguhnya Allah, para Malaikat-Nya, penghuni langit, penghuni bumi, hingga semut di liangnya, dan hingga ikan paus di lautnya pasti mendoakan orang-orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.” Karena pengajarannya kebaikan kepada manusia adalah penyebab keselamatan mereka, kebahagiaan mereka, dan kebersihan jiwa mereka, maka Allah membalasnya sesuai dengan amal perbuatannya dengan memberikan padanya doa-Nya, doa para Malaikat, dan doa penghuni bumi yang menjadi penyebab keselamatannya, kebahagiaannya dan keberuntungannya.

Selain itu, sesungguhnya orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia itu memperlihatkan agama Allah dan hukum-hukum-Nya dan memperkenalkan kepada mereka Nama-nama Allah dan Sifat-sifatnya maka Allah memberikan untuknya doa-Nya, doa para Malaikat, dan doa penduduk langit kepadanya sebagai pujian baginya, kemuliaan baginya dan sanjungan untuknya di kalangan penghuni langit dan bumi. [Syahida.com/ANW]

———

Sumber: Kitab Buah Ilmu, Karya: Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, Penerjemah: Fadhli Bahri, Lc., Penerbit: Pustaka Azzam

Share this post

PinIt
scroll to top