Jangan Banyak Tertawa, Inilah 13 Adab dan Disiplin Tertawa

Advertisement

Ilustrasi. (Foto: menshealth.com)

Syahida.com“Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi; tidak dapat tetap (tegak) sedikitpun.” (QS. Ibrahim: 24-26).

Anas bin Malik r.a meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Tidak akan lurus keimanan seorang hamba, sampailah lurus hatinya dan tidak akan lurus hatinya, sampailah lurus lidahnya.” (Riwayat Ahmad).

1. Tidak Terkekeh-Kekeh

Perumpamaan dalam Al Qur’an di atas amat menarik untuk direnungkan. Hal itu menggambarkan betapa mulia dan terhormatnya orang yang senantiasa berbicara dengan perkataan yang baik dan yang bermanfaat.

Dalam hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  tadi, dijelaskan bahwa merupakan suatu syarat, lurusnya iman seseorang adalah lurusnya hati. Kemudian juga merupakan syarat lurusnya hati dengan lurusnya lisan. Penjelasan yang amat terang ini sudah pasti mudah untuk dipahami.

Lurusnya lisan antara lain tidak mudah tertawa dalam hal-hal yang sia-sia dan mubadzir atau diistilahkan dengan tertawa tanpa sebab. Kalaupun ada sebab-sebab harus tertawa, hal ini dilakukan dengan mengikuti kaidah dan adabnya, yaitu tertawa dengan memperbanyak senyum dan tidak terkekeh-kekeh seperti suara keledai.

Ibnu Umar radhiallahu ‘anhu menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda,

“Janganlah memperbanyak kata (bicara) selain dzikrullah, karena banyaknya bicara selain dzikrullah menjadikan hati keras. Dan orang yang terjauh dari Allah adalah yang berhati keras.(Riwayat at-Tirmidzi).



Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memberikan beberapa nasihat kepada Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, di antaranya:

Janganlah banyak tertawa! Sesungguhnya banyak tertawa akan mematikan hati.” (HR. At-Tirmidzi)

Oleh karena itulah, Umar ibnul Khaththab pernah berkata,

“Barangsiapa banyak bicaranya, maka banyak kesalahannya dan orang yang banyak salahnya berarti banyak dosanya, dan nerakalah sebaik-baik tempat bagi mereka.”

Ucapan Umar ini amat tepat karena lidah manusia sebenarnya amat mudah tergelincir dan mudah untuk mengungkapkan kata-kata dusta, sia-sia atau dosa. Malahan karena lidahlah kita tertawa terkekeh-kekeh sampai-sampai lupa mengingat Allah.

2. Tidak Tentu Arah

Mu’adz pernah menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda, “Maukah kamu jika saya katakan kepadamu tentang sendi dari semua kebaikan itu?” Aku (Mu’adz) menjawab, “Tentu, ya Rasulullah.” Maka beliau menunjukkan pada lidahnya, seraya berkata, “Jagalah ini!” Aku berkata, “Ya Nabi Allah, apakah kami akan memperoleh siksa akibat ucapan kami?” “Betapa celakanya engkau wahai Mu’adz, bukankah orang yang tersungkur ke dalam neraka itu, melainkan hasil menabur fitnah melalui lidah-lidah mereka, akhirnya menuai siksa-Nya?” (Riwayat Tirmidzi dan Al-Hakim).

Lidah tidak berulang. Inilah ungkapan orang tua kita berkaitan dengan mudahnya lidah melakukan dosa. Ia terlalu lembut dan mudah untuk digerak-gerakkan. Justru itu, beruntunglah orang yang menjaga lidahnya dari perkara-perkara yang berdosa dan bergelak tawa yang tidak tentu arah,

3. Tidak Keras

Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu menyebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan,

“Yang paling banyak memasukkan manusia ke dalam neraka adalah melalui dua lubang (yaitu lubang) mulut dan faraj (kemaluan).” (Riwayat at-Tirmidzi)

Mulut yang tidak dijaga akan menyebabkan tertawa yang terkekeh-kekeh dengan suara keras. Tertawa dengan suara keras adalah tertawa setan sewaktu dikeluarkan dari sisi Allah di dalam surga.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah berbicara melebihi dari dzikrullah. Sesungguhnya dengan banyak berbicara akan mengeraskan hati dan bila hatinya telah keras maka ia akan menjadi semakin jauh dari Allah.

4. Nada yang Jelas

Tertawalah dengan nada yang jelas tanpa ada rasa keraguan dan jangan tertawa dengan nada yang samar-samar atau ragu-ragu.

5. Secara Berhadapan

Tertawalah di depan orang dengan cara bertentangan mata dan jangan tertawa di belakang. Ini untuk menghindari timbulnya keraguan dan salah paham.

6. Jangan Tertawa Tiba-Tiba

Jika seorang sedang berbicara tentang sesuatu topik dan topik itu belum habis dibicarakan, maka janganlah tertawa karena berarti memotong pembicaraannya. Tertawa ketika perbincangan belum habis berarti tertawa tiba-tiba yang bisa mengagetkan orang lain.

7. Jangan Tertawa ketika sedang Makan

Jika seseorang sedang makan, maka janganlah tertawa karena perbuatan itu amat menjijikkan dan tidak disukai orang.

8. Jangan Tertawa di Depan Orang Sakit

Jangan tertawa di depan orang yang sedang sakit karena hal itu dapat membuatnya sedih. Sebaliknya, ucapkanlah sesuatu yang menyenangkan dan menghiburnya.

9. Jangan Meniru Gaya Tertawa Orang Jahil

Jangan sesekali meniru gaya tertawa atau percakapan orang yang jahil dalam agama.

10. Jangan Menertawai Orang Lain

Jangan menertawai orang lain, karena itu dapat menimbulkan fitnah serta mencaci maki orang.

11. Jangan Menertawai Orang Tua

Jangan menertawai orang yang lebih tua dari kita, sebaiknya tertawalah dengan senyum untuk memuliakan mereka.

12. Jangan Tertawa dengan Gelak Tawa yang Tidak Menyenangkan

Jangan menertawai seseorang dengan gelak tawa yang tidak menyenangkan karena itu dapat menimbulkan sakit hati dan permusuhan.

13. Jangan Tertawa Tanpa Sebab

Jangan menertawai sesuatu perkara yang Anda sendiri masih belum memahami topiknya. [Syahida.com/ANW]

=====

Sumber: Kitab Tertawa yang Disukai Tertawa yang Dibenci Allah, Karya: Abdul Majid. S, Penerbit: Gema Insani

Advertisement
Admin Syahida

Disqus Comments Loading...
Share
Kontributor:
Admin Syahida
Keyword: tertawaadab

Recent Posts

Perhatian Rasulullah SAW Terhadap Tanda-Tanda Hari Kiamat (Bagian ke-1)

Tanda-tanda hari Kiamat termasuk salah satu topik yang mendapat perhatian besar dari Rasulullah SAW dalam…

4 tahun yang lalu

Perhatian Al-Quran Terhadap Tanda-Tanda Hari Kiamat

Adapun tanda-tanda peristiwa yang membicarakan dekatnya hari Kiamat, maka ayat-ayat tersebut terkesan membicarakan secara sekilas.…

4 tahun yang lalu

Sikap yang Baik dalam Menghadapi Pandemi COVID-19

“Ilusi adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh obat, dan kesabaran adalah langkah pertama untuk penyembuhan”.…

4 tahun yang lalu

Pandemik, COVID-19, Babi, dan Akhir Zaman

Mengapa Nabi Isa - sebagai bagian dari umat Nabi Muhammad - malah justru membunuh babi…

4 tahun yang lalu

Antara Samiri dan COVID-19

Sejak mewabahnya COVID-19, kini hampir sebagian besar penduduk bumi dilarang untuk saling bersentuhan, harus menjaga…

4 tahun yang lalu

Antara Doa Nabi Ibrahim AS, Doa Nabi Muhammad SAW, Wabah COVID-19, dan Dajjal

Sejak awal tahun 2020 ini, seluruh dunia dilanda wabah penyakit COVID-19 yang disebabkan virus SARS-CoV-2…

4 tahun yang lalu
Advertisement

This website uses cookies.