Video: Kubus ini Dapat Melompat, Menyeimbangkan Diri, dan ‘Berjalan’

Syahida.com – Pernah melihat sebuah kubus yang dapat melompat dan berjalan? Tentu ini menarik, karena kubus adalah bangunan sedemikian rupa yang tidak punya kaki dan tangan, bagaimana mungkin dapat melakukan hal tersebut? Hal tersebut dijawab oleh sebuah institut di Swiss.

Institute for Dynamic Systems and Control, ETH Zurich, Swiss, melakukan penelitian yang menghasilkan sebuah robot kubus yang dapat melompat, menyeimbangkan diri pada sudutnya, dan ‘berjalan’. Pekerjaan ini didanai oleh Swiss National Science Foundation (SNSF), nomor hibah 146717. Robot kubus tersebut diberi nama ‘Cubli’.

Cubli adalah kubus berukuran 15 x 15 x 15 cm yang dapat melompat dan menyeimbangkan diri pada sudutnya.Di dalamnya terdapat roda-roda reaksi yang dipasang pada 3 sisi kubus, motor controller, sensor, prosesor, dan batere.

Roda-roda reaksi yang dipasang pada 3 sisi kubus berputar pada kecepatan sudut yang tinggi lalu kemudian mengerem mendadak, dapat menyebabkan Cubli bisa melompat.

Setelah Cubli hampir mencapai sudut posisi berdiri, torsi motor yang dikendalikan diterapkan untuk membuat keseimbangan pada sudutnya. Hal ini memperlihatkan seakan-akan kubus tersebut sedang berdiri pada sudutnya. Kita bisa kendalikan seberapa derajat keseimbangan yang diinginkan.

Selain keseimbangan, torsi motor yang juga dapat digunakan untuk mencapai penurunan yang dapat dikendalikan sedemikian rupa sehingga Cubli dapat diperintahkan untuk jatuh ke sembarang arah.

Dengan menggabungkan ketiga kemampuan ini – melompat, menyeimbangkan, dan jatuh yang dikendalikan – Cubli dapat ‘berjalan’.

Untuk keterangan detail, silakan kunjungi: http://www.idsc.ethz.ch/Research_DAndrea/Cubli



Link terkait lainnya: http://robohub.org/swiss-robots-cubli-a-cube-that-can-jump-up-balance-and-walk-across-your-desk/
indojilbab-468-60

Share this post

PinIt
scroll to top