Sudahkah Kita Memenuhi Tujuh Prasyarat Utama Membaca Al Qur’an? Cek Di sini Jawabannya

Syahida.com – Al Qur’an merupakan mukjizat sepanjang masa, yang kalau kita membacanya, selain akan mendapat ilmu pengetahuan yang luar biasa, juga kita akan mendapat pahala pada setiap huruf dan kalimatnya.

Ada sikap-sikap tertentu dari hati dan pikiran, guna disatu padukan secara mendalam pada jiwa yang sadar dan amal perbuatan, yang merupakan prasyarat-prasyarat penting untuk studi apapun yang bermanfaat dari Al Qur’an. Tujuh prasyarat utama membaca Al Qur’an :

1. Keimanan dan Keyakinan yang Kuat

Al Qur’an adalah firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, maka datanglah kepadanya dengan keimanan dan kepercayaan yang dalam dan kuat. Karena ini adalah kitab Allah, Anda harus ingat bahwa masing-masing kata untuk Anda adalah oleh Allah. Ingatlah keagungan dan kemuliaan serta kekuasaan-Nya, niscaya Anda akan merasakan perasaan kagum dan ketaatan serta kerinduan akan firman-firman-Nya.

2. Tujuan Membaca Al Qur’an

Tujuan membaca Al Qur’an tiada lain untuk mendekatkan diri kepada Allah, untuk mencari petunjuk-Nya. Anda seharusnya berpedoman pada Al Qur’an untuk petunjuk kehidupan Anda dan hanya dari Al Qur’an lah Anda dapatkan. Seorang yang mengharapkan kedamaian dari Al Qur’an pasti akan mendapatkannya

3. Menerima Kebenaran, Pengetahuan dan Petunjuk

Tanpa keraguan sedikitpun atau bersikap skeptis, terimalah setiap bagian dari kebenaran, pengetahuan dan petunjuk yang Al Qur’an sampaikan kepadamu. Anda memiliki setiap hak untuk menyelidiki, merefleksikan dan memahami apa yang terkandung di dalamnya.

4. Kesiapan untuk Merubah Sikap dan Tingkah Laku

Milikilah ketetapan hati dan kesiapan untuk merubah dan membentuk sikap-sikap dan tingkah laku Anda –lahir batin- sesuai dengan pengajaran-pengajaran yang Anda jumpai dalam Al Qur’an.

5. Mencari Perlindungan Kepada Allah

Tetap ingat bahwa, karena Anda mulai membaca Al Qur’an, kemungkinan-kemungkinan dan kekuatan-kekuatan kemajuan Anda adalah begitu besar sehingga setan, pada kesempatan ini, akan membuat usaha-usaha yang lebih besar untuk mencabut Anda dari buah kerja Anda.

6. Rahmat Allah yang Tidak Terbatas

Sadarilah bahwa, hanya karena telah menjadi rahmat Allah yang tidak terbatas yang telah membawa firman-firman-Nya untukmu dalam Kitab suci Al Qur’an, sehingga yang dapat hanyalah berkat rahmat-Nya yang membimbing Anda kepada pahala penuh dari membacanya. Maka dekatilah Al Qur’an dengan kerendahan hati, dengan rasa ketergantungan sepenuhnya, dengan keyakinan pada-Nya dan dengan ketaatan kepada-Nya.

7. Puji Syukur yang Terus Menerus

Buatlah dirimu secara terus menerus bergetar dengan pujian yang bersemangat dan rasa terima kasih kepada Tuhanmu karena telah memberkati Anda dengan pemberian-Nya yang terbesar. Semakin Anda bersyukur, Allah akan semakin memberi kamu karunia dari kandungan Al Qur’an. [ANW]

 

Sumber : Kitab Getar-Getar Al Qur’an, Khurran Murad

 

indojilbab-468-60

Advertisements
scroll to top