Asbabun Nuzul (Sebab Turunnya Ayat-Ayat Al Qur’an) : Surat Al Hajj Ayat 3 dan 11

Ilustrasi. (Foto : darulfurqonbbq.wordpress.com)

Ilustrasi. (Foto : darulfurqonbbq.wordpress.com)

Syahida.com –  Asbabun Nuzul Q.S. 22 Al-Hajj: 3. “Diantara manusia ada orang yang membantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan dan mengikuti setiap setan yang sangat jahat.” (QS: 22 al-Hajj: 3)

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa firman Allah, wa minannasi may yujadilu fillah…(Diantara manusia ada orang yang membantah tentang Allah…) (QS: 22 al-Hajj: 3) turun berkenaan dengan an-Nadlr bin al-Harits1[1]. [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Abu Malik].

Asbabun Nuzul Q.S. 22 al-Hajj: 11

“Dan diantara manusia ada yang menyembah Allah dengan berada di tepi; maka jika ia memperoleh kebajikan, tetaplah ia dalam keadaan itu, dan jika ia ditimpa oleh suatu bencana, berbaliklah ia ke belakang. Rugilah ia di dunia dan di akhirat. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata. “(QS: 22 al-Hajj: 11)

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ada seorang laki-laki datang ke Madinah, kemudian memeluk agama Islam. Ia memuji agamanya apabila istrinya melahirkan anak laki-laki dan kudanya berkembang biak. Namun ia mencaci maki agamanya, apabila istrinya tidak melahirkan bayi laki-laki dan kudanya tidak berkembang biak. Ayat ini (QS: 22 al-Hajj: 11) turun berkenaan dengan peristiwa tersebut. [Diriwayatkan oleh al-Bukhari yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas].

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa seorang Yahudi masuk Islam, kemudian menjadi buta, harta bendanya habis, serta anaknya mati. Ia menganggap bahwa agama Islamlah yang menyebabkan dirinya sial. Ia berkata: “Aku tidak pernah mendapat kebaikan dari agama ini. Mataku menjadi buta, harta bendaku musnah, dan anakku mati.” Ayat ini (QS: 22 al-Hajj: 11) turun berkenaan dengan peristiwa tersebut. [diriwayatkan oleh Ibnu Marduwaih dari ‘Athiyyah yang bersumber dari Ibnnu Mas’ud. [Syahida.com]

[1]  Ia menganggap bahwa Allah tidak berkuasa Menghidupkan mayat-mayat yang telah menjadi tulang-belulang.

Sumber : Kitab Asbabun Nuzul (Latar Belakang Historis Turunnya Ayat-Ayat Al Qur’an), K.HQ Shaleh, H.A.A. Dahlan, dkk. 



Share this post

PinIt
scroll to top