Kisah Nabi Nuh (Bagian Ke-5) : Doa Nabi Nuh untuk Kaumnya

Ilustrasi. (Foto : smartnewz.info)

Ilustrasi. (Foto : smartnewz.info)

Syahida.com – “Dan buatlah kapal itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah engkau bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim. Sesungguhnya, mereka itu akan ditenggelamkan.” (Hud: 37).

Setelah putus asa mengharapkan kebaikan dan keberuntungan kaumnya, melihat sama sekali tidak ada kebaikan dalam diri mereka, menyakiti, menentang dan mendustakannya dengan segala cara, baik dengan tindakan maupun tutur kata, akhirnya Nuh memanjatkan doa karena marah, Allah memperkenankan dan mengabulkan doanya. Allah SWT berfirman, “Dan sungguh, Nuh telah berdoa kepada Kami, maka sungguh, Kamilah sebaik-baik yang memperkenankan doa. Kami telah menyelamatkan dia dan pengikutnya dari bencana besar.” (Ash-Shaffat: 75-76). “Dan (ingatlah kisah) Nuh, sebelum itu, ketika dia berdoa. Kami memperkenankan (doa)nya, lalu Kami selamatkan dia bersama pengikutnya dari bencana yang besar.” (Al-Anbiya’: 76).

Dia (Nuh) berkata, ‘Ya Tuhanku, sungguh kaumku telah mendustakan aku; maka berilah keputusan antara aku dengan mereka, dan selamatkanlah aku dan mereka yang beriman bersamaku.” (Asy-Syu’ara: 117-118). “Maka dia (Nuh) mengadu kepada Tuhannya, ‘Sesungguhnya, aku telah dikalahkan, maka tolonglah (aku)’.” (Al-Qamar: 10). “Dia (Nuh) berdoa, ‘Ya Tuhanku, tolonglah aku karena mereka mendustakan aku’.” (Al-Mukminun: 26). “Disebabkan kesalahan-kesalahan mereka, mereka ditenggelamkan lalu dimasukkan ke neraka, maka mereka tidak mendapat penolong selain Allah. Dan Nuh berkata, ‘Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan seorang pun diantara orang-orang kafir itu di atas bumi. Sesungguhnya, jika Engkau biarkan mereka tinggal, niscaya mereka akan menyesatkan hamba-hamba-Mu dan mereka hanya akan melahirkan anak-anak yang jahat dan tidak tahu bersyukur.” (Nuh: 25-27). [Syahida.com]

—–

Bersambung….

Sumber : Kitab Ibnu Katsir, Kisah Para Nabi, Kisah 31 Nabi dari Adam Hingga Isa, Versi Tahqiq 

Share this post

PinIt
scroll to top