Malaikat yang Bertugas di Surga

Ilustrasi. (Foto : bilaairbiru.blogspot.com)

Ilustrasi. (Foto : bilaairbiru.blogspot.com)

Syahida.com – Membayangkan kenikmatan surga dan situasi yang serba mudah bagi para penghuninya, nampaknya surga memang membutuhkan penanganan dari para malaikat Allah yang mampu memberikan pelayanan serba cepat dan berkualitas tinggi. Tidak ada data yang rinci berkaitan dengan malaikat-malaikat yang bertugas di surga.

  1. Malaikat yang mengabarkan tentang surga dan perlindungan di dunia dan di akhirat

Bagi mereka menyatakan keislaman dengan meyakini dan mengucapkan “Tuhan kami adalah Allah” akan dikabari oleh malaikat dengan surga dan perlindungan, selama di dunia dan di akhirat, sesuai dengan firman Allah;

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan; ‘Tuhan kami ialah Allah’ kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan:Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih, dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu.’ Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya apa yang kamu minta. Sebagai hidangan (bagimu) dari Tuhan yang maha pengampun lagi maha penyayang.” (Fushlihat: 30-32)

  1. Malaikat penjaga pintu surga

Pintu surga belum akan dibuka bagi manusia dari semua zaman, jika Muhammad Rasulullah belum memasukinya. Rasulullah dengan demikian akan menjadi manusia pertama, sekaligus yang berurusan dengan malaikat penjaga pintu utama surga agar membuka pintu tersebut.

Keterangan mengenai ini kita dapati berdasar dari sabda Nabi Muhammad SAW;

“Dari Anas bin Malik, Rasulullah berkata; ‘Pada hari kiamat nanti aku akan mendatangi surga, kemudian aku meminta agar dibukakan (pintunya). Maka penjaganya berkata: ‘Siapakah engkau?’ maka aku berkata: ‘Muhammad’ maka ia berkata: hanya denganmu aku diperintahkan agar membuka pintu ini dan dilarang seorang sebelummu.’” (HR. Muslim)
Ketika itu semua anak cucu adam antri, dari Hudzaifah Rasulullah bersabda “Semua anak Adam berada di bawah benderakuku pada hari kiamat. Dan untukku dibukakan pintu surga pertama kali.

  1. Malaikat pemberi ucapan selamat

Setelah pintu utama itu dibuka, maka mengalihlah antrian masuk para penghuni surga ini dengan penuh kegembiraan. Maka disambutlah rombongan yang akan memiliki kenikmatan abadi ini oleh para malaikat Allah yang mulia. Para malaikat memberi salam, bertebaran dari semua pintu yang ada di surga itu.

(Yaitu) suga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu; (sambil mengucapkan): ‘Salamun ‘alaikum bima Shabartum (keselamatan atasmu berkat kesabaranmu). Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (Ar-Ra’du: 23-24)

Mengingat luasnya surga Allah dan kenikmatan luar biasa yang tersedia di dalamnya, sudah barang tentu ada banyak malaikat Allah ditugaskan di sana untuk memberikan layanan terbaik bagi insan yang bertakwa. Berapa jumlah mereka dan siapa mereka Allahlah kelak yang akan mengenalkannya kepada para penghuni surga itu. [Syahida.com]

 

Sumber : Kitab Jejak Malaikat di Bumi, M Hilal Tri Anwari 

 

Share this post

PinIt
scroll to top