Kisah Nabi Adam (Bagian Ke-29) : Nabi Muhammad Pernah Bertemu Nabi Adam di Surga

Ilustrasi. (Foto : hdwallbackgrounds.com)

Ilustrasi. (Foto : hdwallbackgrounds.com)

Syahida.com – Disebutkan dalam hadist Isra; dalam kitab Shahihain, saat Rasulullah SAW melintas di hadapan Adam di langit paling bawah, Adam berkata kepada beliau, “Selamat datang anak saleh dan nabi saleh.’ Di sebelah kanan dan kiri Adam ada kumpulan banyak manusia. Saat melihat ke sebelah kanan, Adam tertawa dan saat melihat sebelah kiri, Adam menangis. Aku bertanya, ‘Wahai Jibril, siapa dia?’ Jibril menjawab, ‘Dia Adam, dan mereka itu anak keturunannya. Saat melihat ke sebelah kanan mereka adalah penghuni surga, Adam tertawa dan saat melihat ke sebelah kiri mereka adalah penghuni neraka, Adam menangis’.” Demikian inti hadist di atas.

Nabi SAW bersabda, “Aku melintas di hadapan Yusuf, ternyata ia diberi separuh ketampanan.” Sebagian ulama menyatakan, makna hadist ini adalah Yusuf diberi separuh ketampanan Adam. Makna ini sesuai, karena Allah menciptakan Adam dan membentuknya dengan tangan-Nya, meniupkan ruh (ciptaan)-Nya padanya. Dan makhluk yang Allah ciptakan, pasti makhluk yang paling baik keindahannya.

Kami meriwayatkan dari Abdullah bin Umar secara mauquf dan marfu’ saat Allah menciptakan surga, para malaikat mengatakan, “Ya Rabb kami! Berikan surga itu pada kami, karena Kau telah menciptakan dunia untuk keturunan Adam, mereka makan dan minum di sana.’ Allah kemudian berfirman, ‘Demi keperkasaan dan kemuliaan-Ku, tidaklah Aku menyamakan antara keturunan saleh makhluk yang Aku ciptakan dengan tangan-Ku, seperti makhluk yang Aku ciptakan dengan (kalam), ‘Jadilah!’ Maka jadilah dia.”

Diriwayatkan dalam sebuah hadits dalam kitab Shahihain dan lainnya dari sejumlah jalur, Rasulullah SAW bersabda, “Sunggh, Allah menciptakan Adam sesuai wujud-Nya (sifat-sifat-Nya).” Ulama secara panjang lebar membahas hadist ini, dan banyak sekali pendapat terkait hadist ini yang tidak bisa dipaparkan disini. Wallahu a’lam. [Syahida.com]

– Bersambung…

Sumber : Kitab Ibnu Katsir, Kisah Para Nabi, Kisah 31 Nabi dari Adam Hingga Isa, Versi Tahqiq

 



Share this post

PinIt
scroll to top