Ciri Keluarga Sakinah Penuh Berkah (Bagian ke-13) : Teman dan Tamunya Baik

Ilustrasi. (Foto : digitaltrends.com)

Ilustrasi. (Foto : digitaltrends.com)

Syahida.com – Dari Mua’dz bin Jabal ra, ia berkata: “Saya mendengar Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam, bersabda: ‘Allah, Tuhan Yang Maha Besar berkah-Nya dan matahari berfirman: ‘Kecintaan-Ku pasti menjadi hak bagi dua orang yang saling mengasihi karena-Ku,orang-orang yang berkumpul karena-Ku, orang-orang yang saling berkunjung karena-Ku, dan orang-orang yang bantu-membantu karena-Ku.’” (HR. Malik No. 1503 CD)

Dari Buraidah ra,dari Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda, “Di dalam surga ada beberapa kamar, bagian dalamnya terlihat jelas dari luar dan bagian luarnya terlihat jelas dari dalam, yang Allah sediakan untuk orang-orang yang saling berkasih sayang, saling berkunjung, dan saling membantu karena-Nya.” (HR. Thabarani)

Penjelasan:

Hadits pertama menjelaskan bahwa Allah sangat mencintai orang-orang yang dalam berteman semata-mata mencari keridhaan Allah. Yang dimaksud dengan berteman demi mencari keridhaan Allah adalah berteman semata-mata untuk menegakkan tuntunan agama dalam hidup bermasyarakat, tidak untuk mencari koneksi, pinjaman, jabatan, atau kedudukan di tengah masyarakat. [Syahida.com]

—–

Bersambung….

Sumber : 25 Ciri Keluarga Sakinah Penuh Berkah dan Langkah Mewujudkannya, Drs. Muhammad Thalib



Share this post

PinIt
scroll to top