Ciri Keluarga Sakinah Penuh Berkah (Bagian ke-19) : Hubungan Sesama Anak Baik

Ilustrasi. (Foto : duniacoratcoret.blogspot.com)

Ilustrasi. (Foto : duniacoratcoret.blogspot.com)

Syahida.com – “Dari Jabir, dari Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda: “Apabila Allah menghendaki suatu kaum mendapatkan kebaikan, Allah memasukkan ke dalam diri yang bersangkutan sifat dan sikap santun.” (HR. Al-Bazzar)

Penjelasan:

Hadits diatas menjelaskan bahwa sekelompok orang (kaum), termasuk si dalamnya keluarga, bila masing-masing anggotanya saling kasih sayang dan bersikap lemah lembut, akan mendapatkan kebaikan, yaitu hidupnya penuh berkah.

Anggota keluarga dalam satu keluarga haruslah senantiasa berperilaku penuh kasih sayang, lemah lembut, bertutur sopan, dan berperilaku beradab. Dengan sikap ini akan tercipta hubungan yang benar-benar baik dalam keluarga sehingga suasana keluarga penuh ketenangan dan kebajikan yang membahagiakan penghuninya.

Dengan demikian, perlulah sesama anak atau satu dengan lainnya melaksanakan hak dan kewajibannya dengan baik sesuai dengan ketentuan syari’at agama. Tiap-tiap anak harus dapat membantu saudaranya sehingga dapat menciptakan rasa kesatuan dalam keluarga. Untuk itu setiap anak perlu memahami dan mengerti apa yang menjadi tanggung jawabnya kepada saudaranya. [Syahida.com]

—–

Bersambung….

Sumber : 25 Ciri Keluarga Sakinah Penuh Berkah dan Langkah Mewujudkannya, Drs. Muhammad Thalib



Share this post

PinIt
scroll to top