Asbabun Nuzul (Sebab Turunnya Ayat-Ayat Al Qur’an) : Surat An-Nuur Ayat 27-29

quran14Syahida.com – Asababun Nuzul surat An-Nuur ayat 27-29:

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat. (QS: 24 An-Nuur: 27)

Jika kamu tidak menemui seorang pun didalamnya, maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. Dan jika dikatakan kepadamu: “Kembali (saja)lah,” maka hendaklah kamu kembali. Itu lebih bersih bagimu dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS: 24 An-Nuur: 28)

Tidak ada dosa atasmu memasuki rumah yang tidak disediakan untuk didiami, yang didalamnya ada keperluanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu nyatakan dan apa yang kamu sembunyikan. (QS: 24 An-Nuur: 29)

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa seorang wanita Anshar mengadu kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam: “Ya Rasulullah! Aku berada di rumahku dalam keadaan yang aku sendiri tidak ingin dilihat oleh oranglain. Akan tetapi selalu saja ada laki-laki dari familiku masuk ke dalam rumahku. Apa yang harus aku lakukan?” maka turunlah ayat ini (QS: 24 An-Nuur: 27) yang melarang kaum mukminin memasuki rumah orang lain sebelum meminta izin dan mengucapkan salam. [Diriwayatkan oleh Al-Faryabi dan Ibnu Jarir, yang bersumber dari ‘Adi bin Tsabit].

Dalam suatu riwayat dikemukakan, ketika turun ayat yang memerintahkan supaya minta izin apabila hendak memasuki rumah orang berkatalah Abu Bakr: “Ya Rasulullah! Bagaimana dengan pedagang-pedagang Quraisy yang hilir mudik ke Mekah, Madinah, Syam, dan mereka mempunyai rumah-rumah tertentu dijalan, apakah mereka mesti meminta izin dan memeberi salam padahal tidak ada penghuninya?” Maka turunlah ayat selanjutnya (QS: 24 An-Nuur: 29) yang membolehkan kaum Mukminin memasuki rumah yang disediakan bukan untuk tempat tinggal karena keperluan tertentu. [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Muqatil Hibban]. [Syahida.com]

Sumber : Kitab Asbabun Nuzul (Latar Belakang Historis Turunnya Ayat-Ayat Al Qur’an), K.HQ Shaleh, H.A.A. Dahlan, dkk

Share this post

PinIt
scroll to top