Malaikat Yang Bertugas Di Alam Rahim

Ilustrasi. (Foto : windiland.com)

Ilustrasi. (Foto : windiland.com)

Syahida.com – Di semua yang dilalui oleh manusia, nampaknya malaikat selalu hadir mengurusi berbagai hal yang menyangkut  kebutuhan manusia. Demikian juga pada saat manusia masih berada di dalam rahim ibundanya, di sana telah ada malaikat Allah.

Berkenaan dengan tugas malaikat di alam rahim ini, ada beberapa tahap atau jenis kegiatan. Jenis pekerjaan malaikat didalam alam rahim tersebut dibagi sebagai berikut:

Menjaga Rahim

Sebuah hadits dalam sanad Al-Bazar dari umar, Rasulullah bersabda, “Jika Allah hendak menciptakan jiwa, malaikat penjaga rahim berkata: ‘Wahai Rabb, apakah laki-laki ataukah perempuan?’ dikatakan, kemudian Allah mengeluarkan perintah kepadanya, dan malaikat itu berkata, ‘Wahai Rabb sengsara ataukah bahagia?’ Allah kembali mengeluarkan perintah kepadanya. Kemudian dituliskan diantara kedua matanya apa-apa yang sesuai hingga sampai pada bencana yang akan menimpanya.’”

Apakah pada setiap rahim kaum perempuan dijaga oleh malaikat? Ataukah rahim-rahim itu dijaga secara kolektif oleh malaikat Allah? hanya Allah yang Maha Tahu.

Meniupkan Ruh Kepada Janin

Janin akan ditiupkan ruhnya pada saat umur 120 hari (sudah melewati fase nutfah, ‘alaqah, fase terbentuknya daging). Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda;

“Sesungguhnya setiap kalian dikumpulkan kejadiaannya dalam rahim ibunya selama 40 hari berupa nutfah. Kemudian menjadi segumpal darah selama itu juga (40 hari). Kemudian menjadi gumpalan seperti sekerat daging selama itu pula. Kemudian diutus kepadanya seorang malaikat maka ia meniupkan ruh kepadanya dan ditetapkan empat perkara, ditentukan rizkinya, ajalnya, amalnya, sengsara atau bahagia…” (HR. Al-Bukhari)

Menuliskan beberapa ketentuan Allah terhadap janin itu

Allah memberikan ketentuan kepada manusia, terkait beberapa hal yang mendasar dalam kehidupannya. Ketentuan tersebut ditulis oleh malaikat Allah, setelah memperoleh petunjuk tentang ketentuan Allah tersebut. Persoalan ini didasarkan pada hadits Rasulullah berikut ini:

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah mengutus sesorang malaikat di dalam rahim. Malaikat itu berkata: ‘Ya Tuhan! Masih berupa air mani. Ya Tuhan! Sudah menjadi segumpal darah. Ya Tuhan! Sudah menjadi segumpal daging. Manakala Allah sudah memutuskan untunk menciptakannya menjadi manusia, maka malaikat akan berkata, ‘Ya Tuhan! Diciptakan sebagai lelaki ataukah perempuan? Sengsara ataukah bahagia? Bagaimanakah rezekinya? Dan bagaimanakah ajalnya? Semua itu sudah ditentukan dalam perut ibunya.” (HR. Muslim)

Jadi jelaslah bahwa di alam rahim pun ada malaikat yang bertugas. Dari beberapa tugas yang telah dibahas, penulis tidak berani memastikan apakah tugas-tugas itu dilakukan oleh satu malaikat ataukah dilakukan oleh malaikat yang berbeda. Wallahu a’lam. [Syahida.com]

Sumber : Kitab Jejak Malaikat di Bumi, M Hilal Tri Anwari  

Share this post

PinIt
scroll to top