Orang yang Membaca Al Qur’an Setiap Hari Satu Juz

Ilustrasi. (Foto: funtahfidz.wordpress.com)

Ilustrasi. (Foto: funtahfidz.wordpress.com)

Syahida.com – Banyak orang mulia melakukan percobaan mengetahui hari-hari dalam sebulan dengan juz-juz Al Qur’an. Dalam sebulan terdapat tiga puluh hari, dan Al Qur’an terdiri dari tiga puluh juz.

Orang yang membaca Al Qur’an setiap hari satu juz dengan penuh penghayatan, sungguh, yang dilakukannya ini baik, pertengahan, dan berarti dia melakukan suatu amalan yang dimungkinkan dapat berkesinambungan dalam berbagai kondisi waktu yang ada meskipun dalam keadaan banyak kesibukan.

Maka, saya memberi saran kepada Anda, hendaknya Anda mengikuti metode ini dalam membaca Al Qur’an dan lakukanlah secara berkesinambungan, agar Anda terhubung dengan Al Qur’an yang diberkahi ini.

Anda bisa membaca satu juz ini satu saja baik pagi maupun petang. Anda juga bisa membaginya dalam beberapa waktu bersamaan dengan waktu-waktu shalat.

Dengan demikian Anda akan memiliki hubungan komunikatif dengan kalam Allah tanpa meninggalkannya, agar Anda dapat mengkhatamkannya dalam setahun dua belas kali dengan penuh penghayatan dan tafakkur.

Giatlah untuk mengamalkan ajaran-ajarannya, melaksanakan perintah-perintahnya dan menjauhi larangan-larangannya, agar dia memberi syafaat kepada Anda di sisi Allah.

Ibnu Hazm pernah mensinyalir terkait dengan cara membaca Al Qur’an satu juz setiap hari, di dalam Risalah-risalahnya, Ahmad Amin, dan lainnya.

Cara ini bila sudah dicoba akan menjadi mudah, bermanfaat dan diberkahi. [Syahida.com/ANW]

===

Sumber : Kitab Demi Masa! Beginilah Waktu Mengajari Kita, Karya: Dr. ‘Aidh Abdullah Al-Qarny, Penerjemah: Abdur Rohim, Lc., Penerbit: Cakrawala Publishing

Share this post

PinIt
scroll to top