Hadits Qudsi: Empat Golongan di Hari Kiamat

Ilustrasi. (Foto: kokean.com)

Ilustrasi. (Foto: kokean.com)

Syahida.com – Dari sahabat Aswad bin Sari’ r.a., Sesungguhnya Nabi Allah SAW, bersabda, “Besok pada hari kiamat ada 4 golongan.

Golongan pertama, yaitu seorang laki-laki tuli, tidak bisa mendengar apapun; golongan kedua, laki-laki bodoh; golongan ketiga, laki-laki tua renta; golongan keempat, yaitu laki-laki yang mati pada zaman fatrah (zaman di antara dua orang Nabi).

Maka berkatalah orang tuli, ‘Ya Tuhan, Islam telah datang, sedang saya tidak bisa mendengar apapun.

‘Dan berkatalah orang yang pandir. ‘Wahai Tuhan, anak-anak membuang saya ke tempat kotoran hewan.’

Adapun orang yang tua renta berkata, ‘Islam telah datang, tetapi saya tidak dapat berpikir apa-apa.’

Dan berkatalah orang yang mati pada zaman fatrah, “Tidak ada seorang Rasul-Mu yang datang kepadaku, mengambil perjanjian dengan mereka supaya mereka mentaatinya.’

Maka Allah mengutus malaikat supaya mereka itu dimasukkan neraka.” Bersabdalah Nabi Muhammad SAW.,

“Maka demi Dzat (Tuhan) yang jiwa Muhammad di dalam genggaman-Nya, kalaupun mereka itu masuk neraka, maka mereka menjadi dingin dan menjadikan mereka selamat.”

Derajat Hadits: Shahih

Rawi Hadits:

Imam Ahmad dalam Kitab Musnadnya (4/24). Imam Ibnu Hibban dalam Kitab Shahihnya Mawazid 1827, di dalam Kitabnya Ihsan (9/225 – 226). Dan periksa Kitab Assilsilatus Shahihah 1434. [Syahida.com/ANW]

==

(Sumber: Hadits Qudsi yang Shahih dan Penjelasannya, Al-Haditsu Al Qudsiyyah Ash-Shahihah, Karya: Al-Imam Abi Al-Hasan Nuruddin, Ali bin Sulthan Muhammad Al-Qoriy, Penerjemah: Drs. M. Thalib, Penerbit: Gema Risalah Press Bandung)

Share this post

PinIt
scroll to top