Inilah Malaikat Yang Mengamati Ahli Ibadah

Ilustrasi. (pemudaalquran.blogspot.com)

Ilustrasi. (pemudaalquran.blogspot.com)

Syahida.com – Dalam rangka memberikan apresiasi yang tinggi kepada kaum muslimin yang menggunakan waktunya untuk mengingat Allah, apapun bentuk zikirnya, Allah berkenan mengirimkan para malaikat-Nya untuk mencatat, mengayomi, dan ada pula yang turut serta mengikuti majelis tersebut. Malaikat-malaikat tersebut adalah:

A. Malaikat yang menaungi pembaca al-Qur’an

Keterangan mengenai para malaikat yang menaungi para pembaca al-Qur’an ini merujuk pada sabda Rasulullah, “Barangsiapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barangsiapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia maupun di akhirat. Barangsiapa yang menutup aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa meolong hamba-Nya selama hamba-Nya itu suka menolong saudaranya. Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, pasti Allah memudahkan baginya jalan ke surga. Apabila berkumpul suatu kaum di salah satu masjid untuk membaca al-Qur’an secara bergantian dan mempelajarinya, niscaya mereka akan diliputi sakinah (ketenangan), diliputi rahmat, dan dinaungi malaikat, dan Allah menyebut nama-nama mereka dihadapan makhluk-makhluk lain di sisi-Nya. Barangsiapa yang lambat amalannya, maka tidak akan dipercepat kenaikan derjatnya.” (HR. Muslim)

Siapapun, dari kaum apapun, pada kurun siapa pun, akan berlaku ketentuan Allah bahwa mereka akan dinaungi malaikat jika mereka berkumpul dalam rangka membaca dan mempelajari al-Qur’an. Kedatangan para malaikat untuk menaungi kaum yang berkumpul untuk membaca al-Qur’an dengan demikian berlaku juga pada kurun kita sekarang ini.

Maka, sungguh beruntunglah para pembaca al-Qur’an. Di dunia mereka akan diliputi oleh ketenangan dan rahmat serta dinaungi para malaikat. Di akhirat nanti Al-Qur’an akan memberikan syafaat kepadanya.

B. Malaikat yang mencari majelis zikir

Diantara keutamaan orang yang berdzikir adalah mereka akan mendapatkan ampunan dari Allah dan majelis mereka dihadiri oleh para malaikat. Hadits berikut ini menjelaskan tentang bagaimana para malaikat Allah senantiasa mencari forum zikir .

Informasi dari hadits menunjukan bahawa intensitas hubungan manusia dengan malaikat dan kedekatan antara keduanya sesungguhnya dapat diatur. Kita bisa semakin dekat dengan malaikat dan sebaliknya juga menjadi  manusia yang sangat diajauhi malaikat Allah.



C. Malaikat yang berkunjung pada malam Qadr

Malam Qadr adalah malam yang istimewa bagi umat Islam khususnya umat Muhammad SAW. Banyak hadits yang menyinggung tentang keutamaannya, dan anjuran beribadah pada malam itu. Keberadaan malam Qadr ini sungguh berkah bagi umat nabi muhammad. Dibandingkan dengan umat para  nabi dan rasul terdahulu, umur umat nabi muhammad adalah yang paling pendek. Namun demikian, Allah berkenaan membuka rahasia adanya malam Qadr ini, seakan discount dari Allah. salah satu keistimewaan malam Qadr adalah adanya kunjungan para malaikat yang langsung dipimpin oleh jibril.

Siapa malaikat yang mendampingi jibril dalam kunjungannya pada malam Qadr? Allah dan Rasulullah tiadak memberi informasi siapa mereka. Yang jelas ada malaikat selain jibri, dan jumlahnya sangat banyak, turun pada moment yang peunh berkah itu.

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (al-Qadr: 4) [Syahida.com]

Sumber : Kitab Jejak Malaikat di Bumi, M Hilal Tri Anwari

Share this post

PinIt
scroll to top