Cara Mengetahui Syetan Atau Malaikat Disekitar Kita

Ilustrasi. (Foto : hasbee.wordpress.com)

Ilustrasi. (Foto : hasbee.wordpress.com)

Syahida.com – Seringkali kita ingin mengetahui apa yang ada di sekitar kita, syetan atau malaikat?  Kita bingung bagaimana caranya. Kita sebagai ummat manusia memang dianugerahi mata untuk bisa melihat. Tapi tidak semua bisa kita lihat. Contohnya seperti syetan dan malaikat. Kita memang tidak diberikan kemampuan oleh Allah SWT untuk melihat syaitan ataupun malaikat. Tapi ternyata Allah SWT memberikan keistimewaan tersendiri kepada beberapa hewan, sehingga mereka dapat melihat syetan atau malaikat.

Ada beberapa mitos yang mengatakan bahwa bila kita mendengar suara anjing yang mengonggong di malam hari, maka bertanda ada syetan di sekitar kita. Tapi apakah benar mitos itu nyata? Berikut penjelasannya.

Anjing dan Keledai Dapat Melihat Syetan

Mitos bahwa anjing dapat melihat syetan, ternyata benar. Tapi dalam hal ini, tidak hanya anjing. Keledai pun dapat melihat syetan. Kedua hewan ini memang dapat melihat sesuatu yang tidak dapat kita lihat. Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kamu mendengar anjing menggonggong dan mendengar keledai meringkik, mintalah perlindungan kepada Allah SWT. Sesungguhnya mereka melihat apa yang tidak kamu lihat.” (HR. Abu Daud dan Ahmad). Kenapa anjing dan keledai dapat melihat syetan? Karena kedua hewan itu memiliki sistem visual yang berbeda dengan manusia. Pandangan mata manusia terbatas dan tidak dapat melihat apa yang berada di bawah sinar inframerah atau di atas sinar ultraviolet.

Berbeda dengan keledai dan anjing, hewan-hewan itu dapat melihat dengan sinar inframerah. Dan sedangkan syetan itu sendiri berasal dari jin yang diciptakan dari api, yang berarti syetan termasuk ke dalam lingkup inframerah. Dan karena itulah, anjing dan keledai dapat melihat syetan, tetapi tidak bisa melihat malaikat.

Kemudian bagaimanakah dengan ayam yang berkokok di malam hari? Menurut mitos, jika kita mendengar ayam yang berkokok di malam hari, maka tandanya ayam tersebut melihat syetan. Tetapi benarkah ayam dapat melihat syetan?

Ayam Dapat Melihat Malaikat

Seringkali kita mendengar ayam berkokok sekitar pukul 3 pagi. Tapi ternyata ayam tersebut berkokok bukan karena melihat syetan, melainkan melihat malaikat. Rasulullah SAW bersabda, “Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat….” (Shahih, diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim). Rasulullah SAW sebelumnya memang pernah menyatakan bahwa di waktu-waktu utama yaitu di 1/3 malam terakhir, maka Rabb akan turun ke langit dunia. “Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam. Yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Dia berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku berikan, dan siapa yang memohon ampun kepada-ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari: 1145 dan Muslim: 758).



Kenapa ayam dapat melihat malaikat? Karena ayam jantan mampu melihat sinar ultraviolet. Sedangkan malaikat diciptakan dari cahaya sinar ultraviolet. Oleh karena itulah malaikat dapat dilihat oleh ayam jantan.

Jika malaikat datang, maka syetan pun akan menghindar. Karena syetan terganggu bila melihat cahaya malaikat. Dengan kata lain jika sinar ultraviolet bertemu dengan sinar inframerah di satu tempat, maka sinar merah akan memudar. [Syahida.com]

 

Share this post

PinIt
scroll to top