Hadits Qudsi : Inilah Keutamaan Ahli Badr

Ilustrasi. (nabilmufti.wordpress.com)

Ilustrasi. (nabilmufti.wordpress.com)

Syahida.com – Dari sahabat Abu Hurairah ra, ia berkata Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Allah yang Maha Barakah dan Maha Tinggi melihat ahli Badr, Allah berfirman, ‘Berbuatlah kalian sekehendak kalian. Aku telah memberi ampun kepada kalian.’”

Rawi Hadits:

Ibnu Abi Syaibah dalam Mushanif (12/155,14,385) mengatakan, telah bercerita kepadaku Yazid bin Harun, dari Hamad bin Salamah, dari Ashim bin Abi Nujud, dari Abu Hurairah. Ahmad dalam Musnadnya (2/295-296) dari jalan Ibnu Abi Syaibah. Al-Hakim dalam Al-Mustadrak (4/77) dari jalan Yazid bin Hazm Adzahabi mensyahkan dan menyepakatinya. Aku mengatakan bahwa sanad Hadits ini tidak mencapai derajat shahih, yang demikian itu sebabnya Ashim, ia halusinasi.

Penjelasan:

Firman Allah “Berbuatlah sekehendak kalian, sesungguhnya Aku telah mengampuni kalian.” Artinya Aku tidak menyiksa kalian dengan…karena pengorbanan kalian, jihad kalian di jalan Allah dan pertolongan kalian terhadap agama-Nya. Yang dimaksud” menampakan pertolongan pada mereka dan meninggikan dengan kemuliaan mereka dan memberitahu tentang kemuliaan dan keagungan mereka bukanlah kemurahan (dispensasi) bagi mereka untuk setiap perbuatan atau menurut yang tampak itu.

Dan pembicaraan ini ditunjukan kepada segolongan orang dari mereka bahwa mereka sesudah perang Badr tidak berbuat dosa. Kalau berbuat, tidak berkelanjutan, bahkan mereka segera mendapat taufik untuk berbuat taubat yang benar dan bukanlah kebebasan memilih untuk berbuat semau mereka. Dan jika tidak demikian mereka tidaklah para tokoh mereka sesudah perang Badr lebih takut, lebih waspada daripada sebelumnya. [Syahida.com]

Sumber : Hadits Qudsi Shahih dan Penjelasannya, Al Imam Abi Al Hasan Nuruddin, Ali bin Sulthan Muhammad Al-Qoriy  



Share this post

PinIt
scroll to top