Ciri Keluarga Sakinah Penuh Berkah (Bagian ke-10) : Rumahnya Besar

Ilustrasi. (Foto : manhajuna.com)

Ilustrasi. (Foto : manhajuna.com)

Syahida.com – Dari Nafi’ bin Harits ra, ia berkata: “Rasulullah saw, bersabda: ‘Merupakan kebahagiaan seseorang adalah tetangga yang shalih, kendaraan yang menyenangkan, dan rumah yang besar.’” (HR. Ahmad No. 14830 CD)

Penjelasan:

Yang dimaksud dengan rumah besar ialah rumah yang ruangannya cukup memenuhi kebutuhan anggota keluarganya baik untuk tidur, istirahat, maupun bercengkerama, serta dapat menampung tamu dan keluarga yang datang. Tamu dan keluarga yang datang ke rumahnya memperoleh tempat untuk tidur dan istirahat sendiri sehingga merasa nyaman.

Hadits di atas menerangkan bahwa seseorang yang mempunyai rumah besar, tetangga baik, dan kendaraan bagus termasuk orang yang hidupnya beruntung. Dengan kata lain, salah satu ciri orang yang memperoleh kebahagiaan dalam hidupnya ialah mempunyai rumah besar.

Rumah besar atau rumah yang luas juga mempunyai banyak kamar. Dengan banyak kamar, tidur anak perempuan dan laki-laki dapat dipisahkan, sehingga terpenuhi petunjuk Nabi saw. Mereka mempunyai kamar sendiri-sendiri. Jadi, rumah besar juga berfungsi menjalankan ketentuan syari’at Islam dalam mendidik anak mematuhi tata pergaulan Islam dan mengetahui batas-batas pergaulannya. Dengan dipisahkannya tempat tidur mereka, mereka tahu bahwa dalam pergaulan di tengah masyarakat, perempuan dan laki-laki tidak boleh bergaul bebas bila mereka bukan sesama muhrim. Bahkan perempuan dan laki-laki kakak beradik pun harus tidur terpisah di dalam rumahnya sendiri.

Karena rumah besar memberikan kelapangan kepada penghuninya dan dapat menampung tamu-tamu yang berkunjung serta menginap di dalamnya, ia akan membawa berkah bagi keluarga dan orang-orang yang berkunjung kepadanya. Kelularga dan orang-orang yang berkunjung kepadanya. Keluarga yang memiliki rumah seperti ini akan memperoleh kehidupan keluarga sakinah penuh berkah. [Syahida.com]

—–

Bersambung….



Sumber : 25 Ciri Keluarga Sakinah Penuh Berkah dan Langkah Mewujudkannya, Drs. Muhammad Thalib

Share this post

PinIt
scroll to top