Malaikat Penjaga Siang dan Malam

Ilustrasi. (Foto : divamontez.blogspot.com)

Ilustrasi. (Foto : divamontez.blogspot.com)

Syahida.com – Proses terjadinya siang dan malam yang teratur dan relatif konsisten, dalam artian tidak memanjang atau memendek secara drastis, telah memungkinkan adanya dinamika hidup dalam sebuah keteraturan makrokosmos. Adalah kuasa Allah yang menciptakan keteraturan-keteraturan itu.

Allah ternyata menurunkan para malaikat untuk menjaga siang dan malam. Mereka turun ke bumi secara bergantian. Seperti sebuah model rotasi kerja, dimana ada yang bertugas malam dan ada yang piket siang. Mereka menjaga manusia agar tetap nyaman dalam setiap perubahan siang dan malam.

Rasulullah bersabda, “Para malaikat turun datang berganti-gantian kepada kalian pada waktu malam dan siang hari. Mereka berkumpul saat sholat subuh dan ashar. Kemudian yang menjaga kalian diwaktu malam naik. Kemudian Allah, yang Maha Mengetahui  urusan mereka, bertanya para malaikat tersebut; ‘Bagaimanakah keadaan hamba-hambaKu ketika kalian tinggalkan? Mereka menjawab: Kami tinggalkan mereka ketika sedang shalat dan kami datang juga ketika mereka sedang shalat.” (HR. Muslim). [Syahida.com]

Sumber : Kitab Jejak Malaikat di Bumi, M Hilal Tri Anwari

Share this post

PinIt
scroll to top