Ekspresikan Cinta Tak Selalu dengan Bunga dan Kata Cinta. Ini 5 Cara Lainnya

Ilustrasi. (Foto : goziyan.com)

Ilustrasi. (Foto : goziyan.com)

Syahida.com – Bagaimana Anda mengekspresikan cinta kepada pasangan? Eh, jangan sembarangan ya, bisa jadi tidak sesuai dengan harapan pasangan Anda. Dr. Gary Chapman, seorang konselor perkawinan, dalam bukunya The Five Love Language mengemukakan lima cara mengekspresikan rasa cinta kepada kekasih. Masing-masing dari kita memiliki preferensi tersendiri dan merasa dicintai. Kenali tipe pasangan Anda, preferensi seperti apa yang membuatnya merasa dicintai. Lima cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Waktu yang berkualitas

Untuk orang yang memiliki preferensi ini, perhatian penuh pada dirinya akan membuat ia merasa dicintai. Aspek terpenting adalah kebersamaan, yaitu memberikan perhatian penuh, menunjukkan kasih sayang dan menikmati kegiatan bersama.

Meluangkan waktu yang berkualitas dapat berupa komunikasi timbal balik seperti mengobrol, saling mendengarkan, saling membuka diri, curhat dan sebagainya. Bisa pula dalam bentuk melakukan kegiatan yang disukai bersama seperti makan malam bersama, nonton TV, travelling, olahraga, dan sebagainya.

2. Hadiah

Ada orang yang merasa dicintai apabila mendapatkan hadiah. Meskipun pasangan Anda menyukai hadiah, jangan menganggapnya sebagai materialis karena sebenarnya ia lebih melihat kepada aspek kesungguhan dan usaha yang Anda lakukan di balik hadiah tersebut. Karena itu hadiah yang diberikan tidak harus sesuatu benda yang berharga mahal.

Hadiah bisa Anda wujudkan dalam aneka bentuk, seperti puisi, mengajaknya rekreasi ke tempat yang sangat ia idamkan, bisa juga dalam bentuk hasil karya atau mengingatkan momentum istimewanya.

3. Kata-kata afirmasi



Ada orang yang merasa dicintai apabila mendapatkan kata-kata afirmasi. Selain perilaku romantis, tipe orang seperti ini memerlukan kata-kata verbal seperti, aku sayang kamu, aku rindu kamu, dan sebagainya. Kata-kata afirmasi juga bisa berupa ungkapan yang membesarkan hati, ucapan dengan nada suara lembut, permintaan dengan kerendahan had, serta kata-kata pujian terhadap fisik, prestasi maupun bantuan yang diberikan pasangan. Jika tidak mampu mengekspresikan perasaan secara langsung, bisa  diungkapkan dengan sms, email, whatsApp, BBM, face book, emoticon dan sebagainya.

4. Sentuhan fisik

Ada orang yang merasa dicintai apabila mendapatkan sentuhan fisik dan pasangan. Sentuhan fisik tidak selalu berbentuk hubungan intim, tetapi bisa berwujud sentuhan-sentuhan kecil seperti memegang tangan, memeluk, memberikan ciuman ringan di kening, melingkarkan tangan di bahu atau pinggang, sentuhan ringan di wajah, dan sebagainya. Sentuhan-sentuhan yang menunjukkan perasaan sayang, kepedulian, dan cinta. Sentuhan fisik juga bisa dilakukan dalam bentuk pijitan pada tubuh pasangan sehingga membuatnya menjadi segar dan rileks.

5. Perilaku membantu

Ada orang yang merasa dicintai apabila mendapatkan bantuan dari Pasangan. Pemberian bantuan ini akan memperkuat ekspresi cinta apabila dilakukan dengan tulus dan senang hati, bukan karena terpaksa atau di bawah ancaman.

Mengantar pasangan berbelanja ke pasar, membersihkan kamar tidur, menyiapkan keperluan kerja, menyiapkan pakaian pasangan, dan sebagainya adalah bentuk perilaku membantu yang bisa menyenangkan pasangan. Kata-kata yang ingin didengar oleh yang ingin memiliki preferensi ini adalah, “Sini aku bantu.” Perilaku ini akan membuat pasangan merasa dicintai karena dilakukan dengan penuh rasa sayang dan bukan karena kewajiban untuk membantu. [ ]

=====

Sumber : Buku Wonderful Couple: Menjadi Pasangan Paling Bahagia, Cahyadi Takariawan, diterbitkan oleh PT. Era Adicitra Intermedia.

Share this post

PinIt
scroll to top