Tanda Awal Hari Kiamat: Orang Taat Seperti Menggenggam Bara Api

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Syahida.com – Suatu saat kelak, memegang syariat ini bagaikan memegang bara api, karena pada saat itu syariat Islam dianggap asing dan orang-orang sudah semakin malas-malasan melakukan syariat Islam, sampai pada kondisi orang-orang merasa asing, bahkan benci menjalankan syariat Islam. Fenomena seperti itu merupakan tanda-tanda akan datangnya hari Kiamat. Berikut gambaran yang terdapat dalam hadits.

Rasulullah SAW bersabda,

Akan datang atas manusia suatu zaman di mana orang yang berpegang teguh pada agamanya di tengah-tengah mereka bagaikan orang yang memegang bara api.” (HR. At-Tirmidzi).

Hadits ini menggambarkan tentang banyaknya ujian, cobaan, dan rintangan yang akan dihadapi seorang Muslim hingga jika dia mampu berteguh hati terhadap syariat Allah, ia bagaikan memegang bara api di tangannya. Jika ia tidak kuat, niscaya dia akan meninggalkannya atau paling tidak menyembunyikannya.

Hadits ini dapat membuat terbukanya cakrawala renungan kita bahwa pada saat ini umat Islam sudah semakin banyak yang tidak mampu memegang syariat Islam dengan kuat sehingga mereka meninggalkan perintah Allah sedikit demi sedikit, bahkan perilaku salah yang jelas-jelas dilarang oleh Allah pada saat ini sudah menjadi hal yang dianggap lumrah.

Fenomena yang semakin menggejala pada saat ini ialah semakin sedikitnya orang yang perduli terhadap masalah agama. Orang yang berpedang teguh terhadap agamanya bahkan dianggap sebagai seorang yang kolot dan terkadang dibenci oleh masyarakat sekitar. Karenanya, pada saat ini agama Islam sudah mulai tampak keterasingannya. [Syahida.com/ANW]

=====

Sumber: Kitab Ensiklopedia Kiamat, Penulis: Tim Gema Insani, Penerbit: Gema Insani



Share this post

PinIt
scroll to top