Tahukah Kamu Apa Keutamaan Lailatul Qadr?

Ilustrasi. (Foto: kholikekstrada.deviantart.com)

Ilustrasi. (Foto: kholikekstrada.deviantart.com)

Syahida.com – 

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ ﴿١﴾ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ ﴿٢﴾ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ 

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.(QS. Al Qadr: 1-3)

Allah SWT memberitahukan bahwa Dia menurunkan al-Quran di malam Lailatul Qadr, yaitu malam yang penuh barakah, yang telah disebutkan oleh Allah SWT dalam al-Qur’an, “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi.” (QS. Ad-Dukhaan: 3).

Lailatul Qadr itu berada di bulan Ramadhan, sebagaimana firman Allah SWT, “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan al-Qur’an.” (QS. Al-Baqarah: 185).

Ibnu ‘Abbas r.a dan yang lainnya berkata, “Allah SWT telah menurunkan al-Qura’an sekaligus dari al-Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah’ di langit dunia, kemudian Dia menurunkannya secara berangsur-angsur, terperinci dan terpisah sesuai dengan peristiwa-peristiwa di masa Rasulullah SAW selama dua puluh tiga tahun.”

Kemudian Allah SWT berfirman mengagungkan Lailatul Qadr yang mana Dia telah mengistimewakannya dengan menurunkan kitab suci Al-Qur’an pada malam ini. Allah SWT berfirman, “Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, ia berkata, “Ketika bulan Ramadhan tiba, Rasulullah SAW bersabda:

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, yaitu suatu bulan yang penuh barakah, bulan di mana Allah mewajibkan atas kalian untuk berpuasa padanya. Suatu bulan di mana semua pintu-pintu Surga dibuka dan pintu-pintu Neraka ditutup, serta syaitan-syaitan dibelenggu. Di dalam bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapat kebaikan malam tersebut, maka sungguh ia tidak mendapatkannya.” Hadits ini juga diriwayatkan oleh an-Nasa-i.

Beribadah di malam Lailatul Qadr juga menyamai ibadah selama seribu bulan, sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah r.a, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa berdiri mengerjakan shalat di malam Lailatul Qadr dengan penuh keimanan dan karena mengharap ridha Allah, maka dosa-dosanya yang terdahulu diampuni.” [Syahida.com/ANW]

==

Sumber: Kitab Shahih Tafsir Ibnu Katsir jilid 9, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir

Share this post

PinIt
scroll to top