Hadits Qudsi: Takdir Allah Tidak Bisa Ditolak

Ilustrasi. (Foto: selapopa.ru)

Ilustrasi. (Foto: selapopa.ru)

Syahida.com – Dari sahabat Syaddad bin Aus r.a, Sesungguhnya Nabi SAW telah bersabda,

“Sesungguhnya Allah Yang Maha Gagah dan Maha Mulia telah melipat bumi untukku, sehingga aku melihat belahan timur dan belahan barat. Dan sesungguhnya kerajaan umatku akan sampai pada bumi yang dilipat untukku itu. Dan sesungguhnya aku telah diberi dua gudang (tempat penyimpanan) putih dan merah. Dan sesungguhnya aku telah memohon Rabbku Yang Maha Perkasa dan Maha Mulia agar tidak menghancurkan umatku dengan bencana yang merata. Dan jangan memberikan kuasa kepada musuh untuk menguasai mereka, lalu menghancurkan mereka secara menyeluruh, dan agar perpecahan tidak menjadi watak mereka, dan janganlah sebahagian mereka menyiksa sebagian yang lain.

Allah berfirman, “Hai Muhammad, sesungguhnya Aku bila menetapkan suatu ketetapan, tidak dapat ditolak (ditarik kembali). Dan sesungguhnya Aku telah memberimu untuk umatmu yang Aku tidak menghancurkan mereka dengan bencana yang merata (secara bersamaan), dan tidak memberikan kekuasaan kepada musuh untuk menguasai mereka lalu musuh menghancurkan mereka, kecuali sesama mereka.”

Rawi Hadits:

Ahmad dalam Musnadnya (4/123), dari jalan Abdur Razzaq, dari Ma’mar, dari Ayyub, dari Abi Qilabah, dari Abil Asy Ats As Shan’ami, dari Abi Asma’ Ar-Rahbi, dari Syaddad bin Aus. Semua rawinya kepercayaan.

Penjelasan:

Tentang sabda beliau, “Sesungguhnya aku telah diberi dua gedung, putih dan merah”, artinya yang putih itu adalah Kerajaan Persi dan yang merah adalah kerajaan Romawi. [Syahida.com/ANW]

==

(Sumber: Hadits Qudsi yang Shahih dan Penjelasannya, Al-Haditsu Al Qudsiyyah Ash-Shahihah, Karya: Al-Imam Abi Al-Hasan Nuruddin, Ali bin Sulthan Muhammad Al-Qoriy, Penerjemah: Drs. M. Thalib, Penerbit: Gema Risalah Press Bandung)

Share this post

PinIt
scroll to top