Sikap yang Baik dalam Menghadapi Pandemi COVID-19

Ilustrasi. (getroman.com)

Syahida.com – Dunia dilanda wabah COVID-19 sejak awal tahun 2020. Penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini diduga berawal dari Wuhan, sebuah kota di Provinsi Hubei, Cina, pada akhir tahun 2019. Sehingga pada saat itu virusnya sempat disebut sebagai 2019-nCoV. 2019 sebagai tahunnya, n adalah novel atau baru, Co adalah Corona, dan V adalah Virus. Virus ini merupakan bagian dari keluarga coronavirus.

Hingga kini, jumlah orang yang terinfeksi dan jumlah korban jiwa semakin banyak. Walau pun demikian, jumlah yang dinyatakan sembuh juga banyak.

Indonesia termasuk salah satu negara yang terkena wabah COVID-19 ini. Lalu bagaimana kita menyikapi hal tersebut?

Dalam hal ini, ada kutipan terkenal dari Ibnu Sina. Kutipan dari tokoh yang dikenal sebagai Bapak Kedokteran Modern ini aslinya adalah sebagai berikut:

“الوهم نصف الداء، والاطمئنان نصف الدواء، والصبر أول خطوات الشفاء.”

Artinya: “ilusi adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh obat, dan kesabaran adalah langkah pertama untuk penyembuhan”. (Ibnu Sina)

Ibnu Sina terkenal di seluruh dunia, termasuk di dunia barat. Kadang orang Barat mengenalnya sebagai Avicena. Kutipan di atas pun juga terkenal di barat dengan terjemahan: “Illusion is half sickness, calmness is half the cure, and patience is the first step of healing

Kutipan dari Ibnu Sina tersebut cocok untuk kita ambil sebagai sikap yang baik dan moderat dalam menghadapi pandemi COVID-19. Ringkasnya, dalam menghadapi pandemi ini:



  1. jika belum tertular penyakitnya maka hindari ilusi, baik ilusi bahwa wabah ini situasi yang aman dan baik-baik saja dan juga ilusi bahwa wabah ini super duper ekstrem. Jadi jangan permisif tapi juga jangan panik.
  2. jika tertular, maka sikap tenang adalah 50% obatnya
  3. jika dalam perawatan, maka sikap sabar adalah langkah pertama untuk penyembuhan.

Yang nomor 1 merupakan tindakan preventif (pencegahan), sedangkan nomor 2 dan 3 merupakan tindakan kuratif (penyembuhan). Semoga bermanfaat. (syahida.com/hdn).

Share this post

PinIt
scroll to top