Ketika Waktu Luang Menjadi Masalah Bagi Wanita

Ilustrasi. (kalam.fk.ugm.ac.id)

Ilustrasi. (kalam.fk.ugm.ac.id)

Syahida.com – Banyak diantara muslimah belum peduli terhadap waktu, menyia-nyiakan dengan sesuatu yang kurang bermanfaat. Seperti, mengobrol ngalor-ngidul dengan teman-teman, menonton, sebagian lain ada yang bermain musik dan menari-nari seperti tak ada hal lain yang perlu dikerjakan. Dan sebagian lainnya berkutat dengan tablet sepanjang hari, sibuk tenggelam dalam ngobrol yang tidak lepas dari seputar masalah perkawinan, hubungan seks, dan sang pangeran mimpi bagi yang belum bersuami. Ada juga yang menghabiskan dengan tidur-makan-nonton-ngobrol. Dan masih banyak cerita-cerita lain kaum hawa dalam menghabiskan waktunya. Fenomena ini real terjadi di sekitar kita. Banyak penyebabnya contohnya kurangnya kepedulian orangtua, lingkungan yang jelek, aqidah yang lemah, pengetahuan yang kurang, dan lemahnya sosialisasi dengan teman yang tak didukung oleh orang-orang dekat.

Perilaku yang Benar

Waktu luang adalah masalah tersendiri bagi wanita, khususnya para remaja. Seorang ibu haruslah pandai membuat kegiatan untuk mengisi waktu luang anaknya. Semisal saja dengan memberikan tanggung jawab kepadanya, mengajaknya menjahit, memasak atau mencoba sesuatu yang baru. Kekhawatiran yang kadang timbul di masa ini adalah terjadinya pembangkangan dan jauhnya rasa takut kepada Allah ta’ala itu yang lebih berbahaya, sehingga ia merasa bebas melakukan apapun.

Ketika tidak ada tugas sebaiknya kita mempergunakannya dengan membaca-menghafal Al-Qur’an atau hadits Nabi SAW atau mendengarkan nasihat-nasihat ulama, guna mengisi kekosongan jiwa maupun batin dengan harapan agar mendapatkan ketetapan hati, ketenangan pikiran yang membias kepada setiap perkara kehidupan dunianya sehingga dapat memperbaikinya dengan izin Allah SWT.

Seandainya hal itu dapat dilakukan, maka pada saat sibuk atau tidak hendaknya mulailah mempelajari ilmu-ilmu syariat agar kita dapat selalu beribadah pada-Nya. Jika kita tak punya waktu untuk belajar maka senantiasalah berdzikir, karena Allah SWT berfirman, “Laki-laki atau perempuan yang banyak menyebut asma Allah, Allah akan menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar” (Al-Ahzab: 35)

Disela waktu senggang pun hendaknya kita membaca suatu yang bermanfaat dengan membaca serta pemahaman yang baik kita akan mendapatkan wawasan yang baru yang suatu saat berguna bagi kita kelak. Dengan demikian kita tidak  menyia-nyiakan nikmat waktu, umur yang diberikan pada kita, yang di hari perhitungan akan dimintai pertanggung jawaban.

Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan beranjak kaki seoarang hamba di hari kiamat-dari api neraka-nanati kecuali setelah mempertanggung jawabkan-untuk apa-umurnya dihabiskan, pekerjaan apa yang telah dilakukan, dan hartanya dari mana didapatkan dan untuk apa-kemana-dikeluarkan dan tubuhnya untuk apa dikerjakan.” (HR. At-Tarmidzi) [syahida.com]

Sumber : Kitab 40 Kebiasaan Buruk Wanita, Abu Maryam bin Zakaria



Share this post

PinIt
scroll to top