Malaikat Juga Mengalami Kebinasaan

Ilustrasi. (ruwbenz.blog.binusian.org)

Ilustrasi. (ruwbenz.blog.binusian.org)

Syahida.com – Apakah malaikat makhluk yang kekal dan abadi? Sesungguhnya yang abadi hanyalah Allah SWT. Malaikat juga akan mengalami kematian. Setan juga mengalami kematian. Perhatikan firman Allah berikut ini.

Dan tiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (Az-Zumar: 68)

Para malaikat sebagai kalangan yang termasuk penghuni langit, pada umumnya akan mengalami kematian pada saat ditiupnya sangkakala. Tetapi nampaknya Allah memberikan pengecualian kepada beberapa malaikat, diantaranya adalah yang bertugas meniup sangkakala, karena dia harus masih melakukan tiupan pembangkitan. Beberapa kalangan mufasir berpendapat, bahwa termasuk yang tidak dimatikan adalah para malaikat yang utama, Jibril-Mikail-Israfil dan malaikat-malaikat yang mengusung ‘Arsy Allah.

Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir menyatakan dengan menukil beberapa sumber, bahwa kemudian beberapa malaikat yang utama itu pun dimatikan oleh malaikat maut atas perintah Allah. Kemudian hamba Allah yang tersisa tinggal malaikat maut sendiri. Allah memerintahkan pula kepada malaikat maut agar mematikan dirinya sendiri. Sehingga tinggal hanyalah Allah Zat yang Mahahidup.

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang dilangit dan dibumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at disisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (Al-Baqarah: 255)

Dengan demikian, berdasarkan data-data yang diajukan oleh Ibnu Katsir di atas, semua malaikat akan mengalami kebinasaan. Bahkan malaikat Jibril sebagai penghulu para malaikat pun akan menemui kematian. Malaikat maut yang menjadi petugas Allah dalam setiap eksekusi atas setiap drama kematian pada akhirnya juga akan mengalami kematian. [Syahida.com]

Sumber : Kitab Jejak Malaikat di Bumi, M Hilal Tri Anwari   



Share this post

PinIt
scroll to top