Ibu Bapak Memperoleh Pahala Karena Kebaikan Anaknya

Ilustrasi. (Foto : helpingdoc.blogspot.com)

Ilustrasi. (Foto : helpingdoc.blogspot.com)

Syahida.com – Dari sahabat Abu Hurairah ra, ia berkata Rasulullah saw bersabda “Sesungguhnya Allah yang Maha Gagah dan Maha Mulia sungguh mengangkat derajat hamba shalih di surga. Maka hamba yang shalih bertanya, ‘Wahai Tuhan, dari mana saya memperoleh ini?’ Allah menjawab, ‘Dengan (dari) istighfar anakmu untukmu.’”

Derajat Hadits: Hasan

Rawi Hadits:

Ahmad dalam Musnadnya (2/509) mengatakan, telah menceritakan kepadaku Yazid, saya Hamad bin Salamah, dari Ashim bin Nujud dari Abu Shalih, dari Abu hurairah. Semua rawinya kepercayaan, kecuali Ashim bin Nujud, ia berhalusinasi. Kata Hafidz dalam At taqrib. Haitsaami dalam Majmauz Zawaid (10/210) berkata, “Ahmad dan Thabarani dalam Al-Aushat. Para rawi mereka shahih semua, kecuali Ashim bin Badhalah, ia itu kepercayaan.

Penjelasan:

Kesimpulan hadits ini bahwa seorang hamba muslim wajib mendo’akan akan kedua orang tuanya dengan memohonkan ampun untuk keduanya hingga menyebabkan derajat kedua orang tuanya diangkat di surga. Dengan begini ia tetap berbuat baik kepada keduanya walaupun sesudah dia meninggal. Dan telah tersebut dalam Hadits Abu Hurairah yang marfu’, “Bila Anak Adam telah meninggal putuslah amalnya, kecuali tiga: sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya (oleh orang lain) atau anak shalih yang mendoakan kedua orang tuanya.” (Muslim 1631/14) [Syahida.com]

Sumber : Hadits Qudsi Shahih dan Penjelasannya, Al Imam Abi Al Hasan Nuruddin, Ali bin Sulthan Muhammad Al-Qoriy 



Share this post

PinIt
scroll to top