Hadits Qudsi : Kehancuran Jin dan Manusia yang Kafir

Ilustrasi. (Foto : lantora-kalawa.blogspot.com)

Ilustrasi. (Foto : lantora-kalawa.blogspot.com)

Syahida.com – Dari Annas ra, ia telah berkata: ‘Turun ayat (Wahai manusia, takutlah kalian kepada Tuhan)…sampai firman-Nya (dan tetapi siksa Allah amat pedih) Al-Hajj: 1-2 kepada beliau, dan beliau dalam berpergian. Maka beliau mengeraskan suaranya, sehingga sahabat melompat (mendekati) beliau. Lalu beliau bertanya, ‘Tahukah kalian, ini hari apa? Ini hari yang Allah berfirman kepada Adam: Berdirilah kamu. Perintahkan (berangkat) rombongan ke neraka. Dari tiap-tiap seribu orang yang 999 orang ke neraka, yang seorang ke surga. Yang demikian itu memberatkan (menyusahkan) kaum muslimin. Lalu Nabi saw bersabda, ‘Bersungguh-sungguhlah kalian dan dekatkanlah diri kalian kepada-Nya dan bergembiralah! Demi Dzat yang jiwaku berada ditangan-Nya, jumlah kalian (bila) dibandingkan dengan jumlah manusia (seluruhnya) itu seperti belang (kecil) dilambung onta atau belang (kecil) dikaki. Sesungguhnya bersama kalian ada dua makhluk yaitu Ma’juj dan Ya’juj. Dan dua-duanya dalam segala hal merupakan yang terbanyak. Yang hancur adalah jin dan manusia yang kafir.’”

Derajat Hadits: Shahih

Rawi Hadits:

Abu Ya’la dalam Musnadnya (3122) mengatakan, “Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Mahdi, telah menceritakan kepadaku Abdul Razzaq, telah menceritakan kepadaku Ma’mar, dari Qatadah, dari Annas, lalu menyebutkan hadits ini.”

Al-Haitsami menyebutkan dalam Majma’uz Zuwaid (10/394) bahwa Abu Ya’la meriwayatkan dengan rawi-rawi yang shahih, kecuali Muhammad bin Mahdi, dia kepercayaan.

At-Thabarani dalam Tafsirnya (17/87); Ibnu Hibban dalam shahihnya, kitab Mawarid (1752); Al-Hakim dalam Mustadrak (1/29). Asuyuti dalam Ad-Durrul Mantsur (4/343) dia menambah penisbatannya (mengesalkan kepada Abdu bin Humaid dan Ibnu Munazir dan Ibnu Abi Hatim dan Ibnu Murdawaih.

Sumber : Hadits Qudsi Shahih dan Penjelasannya, Al Imam Abi Al Hasan Nuruddin, Ali bin Sulthan Muhammad Al-Qoriy



Share this post

PinIt
scroll to top