Ciri Keluarga Sakinah Penuh Berkah (Bagian ke-4) : Memelihara Ibadah

Ilustrasi. (Foto : theguardian.com)

Ilustrasi. (Foto : theguardian.com)

Syahida.com –  Padahal mereka dahulu hanya disuruh menauhidkan Allah dan menaati agama dengan sikap  pasrah kepada-Nya dan menaati agama dengan sikap pasrah kepada-Nya, melaksanakan shalat, dengan sempurna, dan menunaikan zakat. Itulah agama tauhid.” (QS: Al-Bayyinah: 98: 5)

Penjelasan:

Ayat tersebut menjelaskan bahwa setiap manusia diperintahkan untuk beribadah kepada Allah secara Ikhlas sebagaimana yang telah Allah tetapkan dalam agama-Nya.

Agar dapat melaksanakan ibadah dengan seksama dan melaksanakannya sesuai dengan ketentuan Allah dan Rasul-Nya. Ibadah-ibadah yang harus kita pelihara dengan baik adalah yang menjadi rukun Islam dan ibadah lainnya;

  1. Kita melaksanakan shalat dengan benar dan khusyu’.
  2. Kita melaksanakan puasa Ramadhan dan amaliah Ramadhan lainnya dengan benar.
  3. Kita menunaikan zakat dengan benar sehingga dapat membersihkan harta dari hak yang tidak semestinya dan yang tidak menjadi milik kita serta dapat membersihkan hati kita dari sifat-sifat rakus, kikir dan materialis.
  4. Kita melaksanakan haji apabila kita telah mampu agar cinta kita kepada Allah dan kesungguhan kita dalam berpegang pada Islam dapat membersihkan kita dari pengaruh kesenangan duniawi. Dengan melaksanakan haji, kita akan memperoleh pengalaman yang menyadarkan diri kita akan kehinaan manusia di hadapan Allah swt, ketika kita berada di padang ‘Arafah dan di Mina. Suasana ibadah haji seperti ini dapat menciptakan rasa kesatuan diri manusia dengan sesama manusia dan manusia dengan bumi tempat tinggalnya.
  5. Kita senantiasa berdoa dalam segala aktivitas dan selalu memohon pertolongan Allah agar kita mendapatkan ketenangan, kebersihan hati, dan kejernihan dalam berpikir menghadapi segala problem hidup sehari-hari.
  6. Agar rumah tangga kita menjadi sakinah penuh berkah, kita selalu membutuhkan kejernihan hati dan pikiran serta kestbilan emosi dalam menghadapi problem kehidupan sehari-hari. Jalan satu-satunya yang dapat menjamin kita meraih hal tersebut adalah melakukan ibadah dan berdo’a kepada Allah sebagaimana yang digariskan dalam Al-Qur’an dan Sunnah Rasul-Nya.

—–

Bersambung….

Sumber : 25 Ciri Keluarga Sakinah Penuh Berkah dan Langkah Mewujudkannya, Drs. Muhammad Thalib



Share this post

PinIt
scroll to top