Inilah Para Malaikat yang Keras dan Kasar, yang Ditugaskan di Neraka

Ilustrasi. (natasya-zahra.blogspot.com)

Ilustrasi. (natasya-zahra.blogspot.com)

Syahida.com – Malaikat yang ditugaskan di neraka, yaitu:

1. Malaikat Malik

Malaikat malik adalah pemimpin dari para malaikat yang bertugas di neraka. Allah memperkenalkan nama malaikat ini di dalam firman-Nya:

Mereka berseru: ‘Hai Malik, biarlah Tuhanmu membunuh kami saja.’  Dia menjawab. ‘Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini).’”

Neraka terdiri dari atas tingkatan-tingkatan. Dan di setiap tingkatan ada malaikat penjaga. Allah menggambarkan karakteristik para malaikat penjaga neraka sebagai ‘kasar dan keras’ Allah berfirman,

Hai orang-orang yang beriman, periharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang keras, kasar dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (At-Tahrim: 6).

2. Malaikat penjaga jahanam

Sebutan jahanam cukup populer/ seringkali dipakai didalam ayat dan hadits Nabi. Apakah jahanam sekadar nama lain dari neraka ataukah suatu tempat penyiksaan yang lain didalam neraka, wallahu a’alam.

Gambaran tentang kedahsyatan jahanam, diceritakan oleh rasulullah, sebagaimana sabdanya, “Api kalian yang dinyalakan anak-cucu adam adalah sepertujuh dari panasnya api jahanam. Para sahabat berkata: Demi Allah, bila sepanas ini saja sudah cukup wahai Rasulullah. Beliau bersabda: ‘Sesungguhnya panas api tersebut masih tersisa sebanyak enam puluh sembilan bagian, panas masing-masing sama dengan api ini.’(HR. Muslim)

Panasnya sudah begitu dahsyat, neraka jahanam juga dijaga malaikat-malaikat Allah. Para penghuninya mengiba-iba kepada malaikat penjaga ini, agar para malaikat tersebut sudi memintakan keringanan siksa kepada Allah. Allah berfirman;

“Dan orang-orang yang berada dalam neraka berkata kepada penjaga-penjaga neraka jahanam: ‘Mohonkanlah kepada Tuhanmu supaya Dia meringankan azab dari kami barang sehari.’ Penjaga jahanam berkata: ‘Dan apakah belum datang kepadamu rasul-rasulmu dengan membawa keterangan-keterangan.’ Mereka menjawab: ‘Benar, sudah datang.’ Penjaga-penjaga jahanam berkata: ‘Berdoalah kamu.’ Dan orang-orang kafir itu hanyalah sia-sia belaka.” (Al-Mukmin: 49-50).

3. Malaikat penarik kekang jahanam

Ada banyak sekali malaikat Allah yang bertugas sebagai penarik kekang neraka jahanam. Sebelum manusia disiksa, jahanam telah menampakkan diri kepada calon penghuninya. Dalam penampakan jahanam tersebut, diketahuilah bahwa jahanam punya tujuh puluh ribu kekang. Informasi ini bersumber kepada hadits berikut:

Dari Ibnu Mas’ud bahwa Rasulullah bersabda, “Akan datang jahanam ketika itu dalam keadaan memiliki tujuh puluh ribu kekang. Setiap kekangnya dipegang  oleh tujuh puluh ribu malaikat.”

Dengan demikian paling tidak, untuk mengurusi kekang jahanam ini ada 490.000.000 malaikat yang diperkerjakan Allah. Tidak terbayangkan oleh kita bagaimana besarnya kekang tersebut, dan berapa sesungguhnya jumlah malaikat itu?

4. Malaikat yang mengeluarkan kaum muslimin dari neraka

Kaum muslimin banyak yang masuk neraka karena dosa-dosanya. Mereka disiksa karena dosa-dosa itu. Ketika proses penyiksaan itu telah berlangsung dalam beberapa waktu (Allah yang tahu, berapa lamanya). Allah berkenaan memberikan ampunan kepada mereka. Maka diutuslah kepada mereka, malaikat-malaikat yang mencari orang tersebut di neraka.

5. Malaikat zabaniyah

Malaikat zabaniyah bertugas di dalam neraka. Merekalah yang bertanggung jawab dalam menyiksa orang-orang yang ingkar kepada Allah. berapa jumlah mereka, tidak ada data yang spesifik. Keberadaan malaikat ini mengacu kepada firman Allah, “Kelak kami akan memanggil malaikat zabaiyah.” (Al-Alaq: 18)

Tentang ayat ini, para ahli tafsir memberikan catatan sebgai berikut; malaikat zabaniyah ialah malaiakat yang menyiksa orang-orang yang berdosa di dalam neraka.

Kita mengimani keberadaan malaikat zabaniyah ini, tetapi sebaliknya kita berdoa agar tidak ketemu dengan makhluk Allah yang satu ini. Ia memang bekerja dan berbakti kepada Allah dengan kekejamannya yang mengerikan dalam menyiksa manusia.

6. Malaikat penjaga Saqr

Allah menerangkan dalam kitab-Nya, bahwa neraka saqr adalah neraka yang tidak meninggalkan dan tidak membiarkan. Maknanya menurut ahli tafsir, neraka ini tidak akan membiarkan apa yang dilemparkan kepadanya, hingga diazab sampai habis dan dipulihkan sebagai sediakala untuk kemudian diazab lagi. Bagian yang dimaksud adalh kulit manusia. Ia dibakar hingga musnah, dan kemudian tumbuh lagi dan diazab lagi sampai seterusnya.

Neraka yang mengerikan ini dijaga oleh sembilan belas malaikat penjaga. Keterangan tentang keberadaan malaikat penjaga neraka saqr yang berjumlah 19, pada firman Allah;

Aku memasukkannya ke dalam neraka Saqar. Tahukah kamu apakah neraka saqar itu? Saqar itu tidak akan meninggalkan dan tidak membiarkan, (neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia. Dan di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga).” (Al-Mudatstsir: 26-30). [Syahida.com]

Sumber : Kitab Jejak Malaikat di Bumi, M Hilal Tri Anwari  

Share this post

PinIt
scroll to top